• Kamis, 7 Juli 2022

Dr Saddam Ismail Ungkap Makanan yang Membuat Awet Muda, Salah satunya Alpukat, Begini Cara Mengolahnya

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 09:41 WIB
Dr Saddam Ismail Ungkap Makanan yang Membuat Awet Muda, Salah satunya Alpukat, Begini Cara Mengolahnya (YouTube/@Saddam Ismail)
Dr Saddam Ismail Ungkap Makanan yang Membuat Awet Muda, Salah satunya Alpukat, Begini Cara Mengolahnya (YouTube/@Saddam Ismail)
KABAR RAKYAT - Saat bertambah usai, tubuh juga ada perubahan. Kondisi ini sifatnya alamiah, penglihatan menurun, pendengaran menurun, termasuk sistem imun juga turun. Secara keseluruhan dengan bertambahnya usia maka sel-sel di tubuh akan melemah secara alami.
 
Penuaan memang pasti terjadi. Akan tetapi ada orang yang lebih cepat terlihat tua dari yang lain atau yang biasa disebut penuaan dini. Ini dapat terjadi karena disebabkan banyak hal, antara lain gaya hidup, factor genetika, pola makan, kebiasaan sehari-hari, olahraga atau tidak, sering terpapar polusi udara atau tidak. 
 
Menurut dr Saddam Ismail, penuaan dini ini masih bisa diatasi, namun kalau penuaan secara alami maka tidak dapat dicegah. Berikut makanan yang membuat awet muda menurut dr Saddam Ismail yang lansir Kabar Rakyat dari unggahan kanal YouTube Saddam Ismail.
 
1. Ikan
 
Pilihlah jenis ikan Salmon dan ikan sarden. Kedua ikan ini termasuk ikan laut yang bagus untuk dikonsumsi karena kandungan omega 3. Omega e itu bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. 
 
“Ini juga bagus untuk kesehatan kulit, membuat membran sel kulit semakin sehat, kulit lembab,” ujar drs Saddam.
 
2. Jamur
 
Pilih jamur yang bisa dimakan. Jamur memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Jamur juga sebagai anti kanker dan menjaga imun tubuh tetap kuat dalam melawan infetksi bakteri atau virus. 
 
“Tetap komsumsinya sesuai porsi dan jangan berlebihan, dan masak dengan cara yang sehat,” katanya.
 
3. Cokelat
Dikatakan dr Saddam Ismail, Cokelat bagus untuk kulit karena termasuk Anti Aging. Namun pilihlah jenis Cokelat Hitam atau Cokelat Pahit. Jangan pilih cokelat susu atau putih karena biasanya ada kandungan gula dan sebagainya.
 
“Cokelat ini juga makannya jangan terlalu banyak, sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus,” jelas dr Saddam.
 
4. Yogurt
 
Yogurt murni menurut dr Saddam Ismail bagus untuk kesehatan tulang dan tubuh karena ada kandungan kalsium. Biasanya kalau bertambah usia, kepadatan tulang akan menurun. Supaya tulang tetap kuat dan sehat maka bisa konsumsi yogurt murni yang tidak ada kandungan gula atau tambahan lain.
 
5. Bayam
 
Semua orang pasti pernah makan Bayam. Bayam ini bagus untuk kesehatan kulit, memproteksi kulit dari sinar UV atau Ultra Violet matahari. Dengan rutin konsumsi bayam maka membuat kulit menjadi kenyal.
 
6. Kacang-kacangan 
 
Kacang-kacangan memiliki kandungan protein, serat, Omega 3 tapi rendah lemak. Ini menjaga tubuh agar tetap awet muda.
 
“Bisa pilih kacang merah, kacang almond, kacang tanah, kacang mente,” kata dr Sadda,.. 
 
7. Alpukat
 
Dr Saddam Ismail menyebut banyak orang yang salah dalam mengkonsumsi buah alpukat. Misalnya dengan menambahkan banyak gula, atau susu sehingga manfaatnya tidak optimal. 
 
“Alpukat Ini bagus untuk kulit, kaya vitamin E supaya kulit lebih cerah, kenyal dan lebih lembab. Alpukat juga mengandung lemak baik bagus untuk kesehatan jantung, pembuluh darah dan kolestrerol juga bisa turun,” teragnya.
 
8. Buah Delima
 
Buah delima bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit sehingga bisa membuat awet muda. Kandungan kolagen dalam buah Delima bagus menjaga jaringan tubuh. 
 
9. Buah Berry
 
Mulai Raspberry, Blueberry, dan Strawberry, buah ini tinggi anti oksidan sehingga mampu melawan radikal bebas. Buah dari jenis Berry ini akan menjaga kesehatan kulit agar tetap kenyal, dan sehat serta melindungi dari kerusakan sel.
 
10. Buah semangka
 
Buah semangka Kaya vitamin A, E, dan C. menuruyt dr Saddam Ismail, buah semangka dapat membantu menghindari kulit dari keriput yang lebih cepat.
 
Semua makanan tersebut memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan tubhn dan kulit. Namun demikian dr Saddam Ismail menegaskan agar dalam mengkonsumsinya jangan berlebihan. Sebab semua yang berlebihan pasti tidak bagus.
 
“Ingan jangan berlebihan, jika itu buah maka bisa mengkonsumsi dengan cara buah potong. Jika sayuran maka olah dengan cara yang sehat, atau bisa dibuat jus asal jangan banyak gula, atau susu kental manis terlalu banyak,” pungkas dr Saddam Ismail.***

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: YouTube dr. Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X