• Selasa, 30 November 2021

Mendadak Pemerintah China Terapkan Kebijakan Lockdown, Ada Apa?

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:01 WIB
Ilustrasi, Pemerintah China memberlakukan kebijakan Lockdown sejak Selasa 26 Oktober 2021 (Pixabay / viarami / 1120 images)
Ilustrasi, Pemerintah China memberlakukan kebijakan Lockdown sejak Selasa 26 Oktober 2021 (Pixabay / viarami / 1120 images)

KABAR RAKYAT, INTERNASIONAL - Pemerintah China telah memberlakukan kebijakan lockdown (penguncian) di Kota Lanzhou, saat infeksi Covid-19 di wilayah itu melonjak, pada Selasa, 26 Oktober 2021.

China menempatkan kota berpenduduk empat juta orang itu berada di bawah penguncian atas pemberlakuan kebijakan lockdown Covid-19.

China juga memerintahkan mereka untuk tidak meninggalkan rumah kecuali dalam keadaan darurat. Hal ini sebagai upaya memberantas klaster Covid-19 yang dikonfirmasi di Kota Lanzhou melalui lockdown tersebut.

Baca Juga: Gubernur Jatim,Khofifah Indar Parawangsa Resmikan Dermaga Movable Bridge Pelabuhan Ketapang

Beijing memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat setelah Covid-19 pertama kali terdeteksi di China pada akhir 2019, memperlambat jumlah kasus dan memungkinkan ekonomi untuk bangkit kembali.

Saat sejumlah negara mencoba menemukan cara untuk hidup dengan virus, China telah mempertahankan pendekatan 'nol Covid-19' yang telah melihat penguncian lokal yang keras diberlakukan atas segelintir kasus.

Kebijakan lockdown yang diumumkan hari Selasa itu, datang ketika China melaporkan 29 infeksi lokal baru, termasuk enam di Lanzhou, ibu kota provinsi Gansu di barat laut negara itu.

Baca Juga: Raker Bapemperda DPRD Banyuwangi, 27 Judul Raperda Diusulkan Masuk Propemperda Tahun 2022.

Dilansir KabarRakyat.id mengutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Straits Times, wabah terbaru di China itu dikaitkan dengan varian Delta yang sangat menular, dengan penghitungan mencapai 198 kasus sejak 17 Oktober, dan tiga puluh sembilan telah terjadi di Lanzhou.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat, Strait Times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X