• Selasa, 30 November 2021

Gubernur Jatim,Khofifah Indar Parawangsa Resmikan Dermaga Movable Bridge Pelabuhan Ketapang

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:39 WIB
Gubernur Jatim,Khofifah Indar Parawangsa didampingi Bupati,Ipuk Fiestiandani saat meninjau dermaga morvable Bridge di Pelabuhan Ketapang/banyuwangikab.go.id
Gubernur Jatim,Khofifah Indar Parawangsa didampingi Bupati,Ipuk Fiestiandani saat meninjau dermaga morvable Bridge di Pelabuhan Ketapang/banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT,BanyuwangiGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan dermaga Movable Bridge (MB) IV, di pelabuhan LCM Ketapang Banyuwangi, Selasa, 26 Oktober 2021.

Moveable BRIDGE adalah jembatan yang dapat bergerak mengikuti pasang surut air laut, agar kendaraan dapat berpindah tempat dari kapal ke dermaga ataupun sebaliknya.

Dermaga Movable Bridge (MB) IV merupakan aset Pemprov Jatim yang dibangun sejak 2017. Dermaga ini sebelumnya merupakan dermaga beaching yang kemudian dikembangkan menjadi dermaga gerak atau movable bridge. Kapasitas dermaga MB ini sebesar 60 Ton dan dapat disandari kapal dengan ukuran 5000 GT.

Baca Juga: Raker Bapemperda DPRD Banyuwangi, 27 Judul Raperda Diusulkan Masuk Propemperda Tahun 2022.

Hadir dalam peremian tersebut Bupati Ipuk Fiestiandani, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono; Direktur Teknik dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry, Kusnadi Chandra Wijaya; serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banyuwangi.

Khofifah mengatakan pengembangan dermaga MB IV ini bertujuan untuk menunjang kelancaran operasional penyeberangan dari Pulau Jawa ke Indonesia Bagian Timur.

“Kami berharap akan berdampak besar pada perkembangan konektivitas antara Jawa Timur khususnya dan Nusa Tenggara Barat dalam mendukung pembangunan daerah. Sekaligus dan penurunan biaya logistik dikarenakan akses Jawa ke NTB kini dapat ditempuh secara langsung, tidak perlu lewat Pulau Bali lagi,” kata Khofifah.

Baca Juga: Jelang Musim Penghujan, Pemkab Banyuwangi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi

Saat ini terdapat pelayaran Long Distance Ferry (LDF) Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Lembar NTB yang dilayani oleh 4 kapal yang setiap hari rutin melakukan pelayaran.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X