• Selasa, 30 November 2021

Komisi IV DPRD Banyuwangi Menerima Audensi Asosiasi Pengusaha Mineral

- Senin, 25 Oktober 2021 | 18:54 WIB
Komisi IV DPRD Banyuwangi saat menerima audensi Asosiasi pengusaha mineral
Komisi IV DPRD Banyuwangi saat menerima audensi Asosiasi pengusaha mineral

KABAR RAKYAT,Banyuwangi - Komisi IV DPRD Banyuwangi menerima permintaan audensi Asosiasi pengusaha mineral (Aspamin) yang menuntut adanya regulasi daerah yang mengatur soal pajak dan retribusi tambang galian C.

Menurut mereka  dengan tidak adanya payung hukum yang mengatur pajak dan retribusi tambang galian menjadi kendala bagi pemerintah setempa untuk memungut pundi-pundi penerimaan daerah dari sumber daya alam. Disisi lain juga muncul pungutan-pungutan yang tidak bias dipertanggunjawabkan alias liar.

“ Kawan-kawan pengusaha galian C maupun armada material banyak yang mengeluh karena pungutan ngak jelas,ada yang harian,mingguan bahkan bulanan,yang jelas hari ini para penambang bangkrrut semua , “ucap Ketua Aspamin,Abdillah Rafsanjani, Senin 25 Oktober 2021.

Baca Juga: Aspamin Banyuwangi Unjuk Rasa Tuntut Regulasi Yang Jelas Soal Pajak Dan Retribusi Tambang Galian C

Menaggapi hal tersebutKetua Komisi  IV, Ficky Septalinda mengatakan, perihal tambang galian C ini merupakan persoalan lama dan kompleks sekali. Banyak persoalan yang perlu diluruskan kembali dengan adanya aturan pemerintah pusat yang nantinya di breakdown ke daerah.

“ Menyusun dan mengusulkan peraturan daerah tidak bisa dilakukan asal-asalan, seluruh stakeholder yang berkepantingan perlu duduk bersama untuk mencari solusi yang terbaik,apakah hanya melakukan revisi Perda yang ada atau mengusulkan perda baru melalui dewan maupun Bupati , “ ucap Ficky Septalinda.

Sebelumnya  Komisi IV DPRD Banyuwangi menyampaikan terima kasih kepada Aspamin yang telah memberikan informasi terkait dengan carut marutnya soal tambang galian C kepada pihaknya.

Baca Juga: Jelang Musim Penghujan, Pemkab Banyuwangi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi

“” Kami menyampaikan terima kasih kepada teman-teman Aspamin atas informasi dan data-data persoalan tambang galian C yang nantinya akan menjadi referensi pihaknya dalam rangka mengundang hadirkan stakeholder terkait , “ ucapnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X