• Selasa, 30 November 2021

Rencana Pertambangan Emas oleh SMN di Trenggalek Ditolak Warga

- Senin, 25 Oktober 2021 | 15:37 WIB
Rencana Pertambangan Emas oleh SMN di Trenggalek Ditolak Warga (Rudi Sukamto)
Rencana Pertambangan Emas oleh SMN di Trenggalek Ditolak Warga (Rudi Sukamto)

KABAR RAKYAT, TRENGGALEK - Rencana pertambangan emas di Trenggalek yang akan dilaksanakan oleh PT Sumber Mineral Nusantara (SMN), mendapatkan penolakan dari warga Trenggalek yang tergabung dalam Aliansi Tolak aktivitas eksplorasi tambang emas.

Hari ini, Senin 25 Oktober 2021 sekitar ratusan orang perwakilan dari Aliansi Tolak Aktifitas Exsplorasi Tambang Emas di Trenggalek ( ATTET ) mengepung hotel Hayam Wuruk.
 
Dimana dihotel tersebut, menurut info yang didapatkan dari perwakilan ATTET, akan digelar pertemuan antara PT SMN Dan Pemda setempat yang didominasi oleh Pemprov Jatim.
 
"Kami masyarakat Trenggalek, tetap menolak dengan adanya rencana pertambangan emas yang akan dilakukan oleh PT SMN, warga Trenggalek sudah Mulia tanpa adanya Tambang," tegas Firin juru bicara aksi.
Aksi dimulai pukul 10.00 WIB, itu sempat membuat jalan protokol dalam kota macet total.
 
Beberapa kelompok masyarakat Trenggalek yang menolak adanya rencana Tambang Emas PT SMN, antara lain datang dari perwakilan Ansor Trenggalek, Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah, PAMA, MPU Sendok, Pemuda Gereja, Niponk, Walhi Jatim, JATAM, ARPT, Jambe, TDT, Shimaswatantra, Mantri Kopi dan kelompok masyarakat Perhimpunan Sumbreng Raya ( PSR ).
 
Sambil membentangkan aneka spanduk berisi penolakan eksplorasi tambang emas PT SMN, massa dan beberapa aktivis terus berteriak mengecam perusahaan tambang emas nasional tersebut.
Baca Juga: Propaganda China di Internet, Memicu Menurunnya Kebebasan Media

"Kami menolak segala aktivitas pertambangan, karena berpotensi merusak lingkungan dan merugikan rakyat kecil," kata Firin ketua ARPT.

Dampaknya kalau Trenggalek tetap ditambang maka rakyat akan mengalami penderitaan yang berkepanjangan.
 
Dengan adanya dampak lingkungan yang akan ditimbulkan nantinya seperti potensi tanah longsor, krisis air bersih, hingga dampak lanjutan terhadap pertanian dan perkebunan warga maka kami harap PT SMN agar segera minggat dari Trenggalek.

"Dengan adanya dampak yang akan ditimbulkan nantinya dari adanya rencana tambang PT SMN maka kami masyarakat Trenggalek, menolak dengan adaya rencana Tambang Rmas Di Trenggalek dan saya meminta PT SMN agar segeraembatalkan rencana tambang," ungkapnya ****

Editor: Ayu Nida

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X