• Selasa, 9 Agustus 2022

Era Society 5.0, Gubernur Jatim Dorong Lulusan SMK Berwirausaha Mampu Kuasai Digital

- Senin, 25 Oktober 2021 | 06:39 WIB
Era Society 5.0, Gubernur Jatim Dorong Lulusan SMK Berwirausaha Mampu Kuasai Digital (Humprov Jatim for KabarRakyat)
Era Society 5.0, Gubernur Jatim Dorong Lulusan SMK Berwirausaha Mampu Kuasai Digital (Humprov Jatim for KabarRakyat)

KABAR RAKYAT, KOTA MALANG - Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mendorong lulusan SMK untuk berwirausaha dengan ketrampilan digital menghadapi Era Society 5.0, selain bekerja di industri atau melanjutkan studi di jenjang pendidikan tinggi.

Era Society 5.0 sendiri bertujuan untuk mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik, sehingga semua hal menjadi mudah dengan menggunakan artificial intelligence dalam penerapannya.

Di Era ini, pekerjaan dan aktivitas manusia akan difokuskan pada Human-Centered yang berbasis pada teknologi. Dengan demikian, kata Khofifah, prospek kerja pun menjadi semakin luas.

Menurut Khofifah, peluang bisnis di Era Society 5.0 sangat terbuka lebar dan hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh para lulusan SMK untuk meraih cuan. Maka dari itu, kata Khofifah, siswa SMK perlu dibekali literasi digital yang baik agar bisa memanfaatkan teknologi dengan bijak.

“Kalau dulu tidak ada pekerjaan sebagai content creator, game developer, atau digital marketing. Tapi di era ini, justru pekerjaan-pekerjaan berbasis ide kreatif tersebut sangat menjanjikan," ungkapnya.

Baca Juga: Viral, Aksi Ibu Guru untuk Siswi yang Sudah Kehilangan Peluk Hangat Ibunya di Surga

Dicontohkan, Bayu Skak yang notabene adalah lulusan SMKN 4 Malang salah satu Youtuber dengan penghasilan tinggisaat membuka Pameran Expo dan Expose ICT SMK Jatim Tahun 2021 di SMK Negeri 1 Singosari Malang, Sabtu (23/10).

“Saya berharap besar, siswa SMK Jawa Timur bisa menjadi pioner-pioner wirausahawan muda di Era Society 5.0. Banyak peluang usaha baru yang menjanjikan dengan modal teknologi. Intinya, ayo manfaatkan setiap sudut ruang digital untuk meraih cuan secara halal,” tambah Khofifah.

Kabar baiknya, lanjut Khofifah, pemanfaatan teknologi semakin meningkat selama pandemi Covid-19. Itu artinya, semakin banyak masyarakat yang fasih dalam memanfaatkan teknologi.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X