• Jumat, 27 Mei 2022

Hari Santri 2021, Helmy : Kemenag Hadiah Negara untuk Semua Agama Bukan NU Saja

- Senin, 25 Oktober 2021 | 06:20 WIB
Tangkapan layar acara HSN 2021, Helmy : Kemenag Hadiah Negara untuk Semua Agama Bukan Hanya untuk NU (Instagram/@ahmadhelmyfaishalzaini)
Tangkapan layar acara HSN 2021, Helmy : Kemenag Hadiah Negara untuk Semua Agama Bukan Hanya untuk NU (Instagram/@ahmadhelmyfaishalzaini)

KABAR RAKYAT, JAKARTA - Seputari Hari Santri Nasional 2021. Dunia maya kembali dihebohkan oleh pernyataan Menteri Agama (Menag) bahwa 'Kementerian agama adalah hadiah dari Negara untuk NU'. Pernyataan tersebut mengundang beragam komentar.

Bahkan atas kejadian tersebut mengundang salah satu DPR RI juga berkomentar, yaitu Ahmad Helmy Faishal Zaini, dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, yang juga mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

Seperti dilansir dari akun Instagram @ahmadhelmyfaishalzaini oleh Kabar Rakyat, Minggu, 24 Oktober 2021.

“Saya mendapat pertanyaan dari banyak teman-teman media dan juga unsur masyarakat lainnya, tentang pernyataan Menteri Agama bahwa "Kementerian agama adalah hadiah dari Negara untuk NU" tulisnya di laman Instagram.

“Pertama adalah bahwa Kemenag hadiah negara untuk semua agama, bukan hanya untuk NU atau hanya untuk umat Islam. Bahwa NU punya peran besar dalam menghapus 7 kata dalam Piagam Jakarta, tak lagi disangsikan”, sambung tulisnya.

Baca Juga: Alhamdulillah, Ada Orang Protes

Namun tidak berarti NU boleh semena-mena berkuasa atas kementerian agama ataupun merasa ada hak khusus. Bahkan, peran NU jauh sebelum kemerdekaan telah meletakkan pesantren sebagai pilar pembentuk karakter mental bangsa yang bertumpu kepada akhlaqul karimah.

“Dr. Soetomo, jauh sebeleum pemerintahan Hindia Belanda mendirikan sekolah-sekolah, juatru pondok pesantrenlah yang menjadi sumber pengetahuan dan mata air ilmu bagi masyarakat nusantara bulat-bulat", sambunganya.

Bahwa NU adalah stakeholder terbesar dari kemenag tentu dapat dilihat karena kemeng lah organ dari pemerintahan ini yang mengatur tentang zakat, haji, madrasah, pesantren & pendidikn keagaman.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X