• Selasa, 30 November 2021

Dr Saddam Ismail Bagi Tips Berhijab Bebas Gatal, Salah Satunya Jangan Keramas Tiap Hari

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 17:46 WIB
Dr Saddam Ismail Bagi Tips Berhijab Bebas Gatal, Salah Satunya Jangan Keramas Tiap Hari (YouTube Saddam Ismail)
Dr Saddam Ismail Bagi Tips Berhijab Bebas Gatal, Salah Satunya Jangan Keramas Tiap Hari (YouTube Saddam Ismail)
KABAR RAKYAT – Bagi sebagian muslimah ada yang merasakan kendala kulit kepala gatal saat mengenakan hijab atau jilbab. Kondisi ini tentu menimbulkan suasana yang tidak nyaman.
 
Gatal di kepala atau kulit kepala bagi wanita yang berhijab itu disebabkan beberapa hal, salah satunya karena terlalu sering keramas
 
Menurut dr Saddam Ismail, berhijab tentu akan menutup kepala atau rambut yang dapat menimbulkan keringat di kepala. Sehingga menjadikan kepala lembab karena banyakinya bkeringat yang keluar. 
 
Tidak hanya itu, gatal di kulit kepala juga disebabkan kulit kepala yang berminyak karena meningkatnya Sebum atau minyak di wajah. Produksi Sebum yang berlebihan juga berpotensi timbulnya jamur. Hal tersebut juga dapat menimbulkan rasa gatal di kulit kepala.
 
Gatal di kepala juga akan semakin parah bila terdapat ketombe. Sehingga rasa tidak nyaman saat mengenakan hijab semakin dirasakan.
 
Dilansir Kabar Rakyat dari unggahan kanal YouTube Saddam Ismail, ada beberapa cara yang dilakukan muslimah berhijab agar terhindar dari gatal di kepala, yakni :
 
1. Jangan Keramas Setiap Hari
 
Sebagian orang berpikir sering keramas itu bagus. Tetapi seandainya berhijab, keramas setiap hari justru tidak bagus. Hal ini akan menghilangkan minyak alami di kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala jadi kering. 
 
“Kulit kepala yang terlalu kering juga menyebabkan gatal-gatal,” ujar dr Saddam Ismail.
 
2. Jangan Buru-Buru Pakai Hijab
 
Ketika selesai keramas atau mandi, dan rambut masih basah, maka jangan langsung pakai hijab dengan alasan terburu-buru. Kebiasaan ini menurut dr Saddam Ismail menyebabkan kepala sering gatal saat pakai hijab. 
 
“Kulit kepala atau rambut tidak boleh setengah kering saat pakai hijab, resikonya timbul jamur, jadi pastkian kalau mau berhijab jangan terburu-buru, pastikan rambut benar-benar kering,” tuturnya.
 
3. Pilih Produk yang Tepat
 
Memilih produk perawatan untuk rambut juga penting dilakukan. Pilihlah produk yang cocok untuk kulit kepala dan rambut. 
 
“Jangan ikut-ikutan. Pastikan benar-benar cocok, misalkan menggunakan produk yang ada kandungan minyak kelapa, anti ketombe, semuanya boleh  asal dipastikan cocok untuk kulit kepala teman-teman,” tutur dr Saddam Ismail lagi.
 
4. Pilih Bahan Jilbab Yang Tepat
 
Ketika cuaca panas, jangan pilih bahan hijab yang tebal. Bahan hijab yang tebal menyebabkan sirkulasi udara untuk rambut tentu akan terhalang dan membuat semakin panas. 
 
“Jadi pastikan memilih bahan yang cocok, sirkulasi udaranya bagus, disesuaikan dengan cuaca,” kata dr Saddam.
 
5. Segera Lepas Jilbab Ketika Istirahat
 
Ketka sudah bepergian seharian mengenakan hijab, maka ketika sampai kamar atau rumah, langsung lepas hijab biar ada sirkulasi udara. Kalau perlu ada pijatan-pijatan kecil di kepala biar rileks dan peredaran darah di kulit kepala lancar. 
 
“Jangan langsung tidur ketika masih pakai jilbab. Biar sirkulasi biar tidak telalu lama tertutup,” pungkas dr Saddam Ismail. ***
 

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Rabu, 10 November 2021 | 08:37 WIB
X