• Selasa, 30 November 2021

Berlebihan Minum Air Putih Sebabkan Ginjal Tak Sehat, dr Saddam Ismail: Bisa Keracunan

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Berlebihan Minum Air Putih Sebabkan Ginjal Tak Sehat, dr Saddam Ismail: Bisa Keracunan (YouTube/Saddam Ismail)
Berlebihan Minum Air Putih Sebabkan Ginjal Tak Sehat, dr Saddam Ismail: Bisa Keracunan (YouTube/Saddam Ismail)
KABAR RAKYAT - Minum air putih memang disarankan supaya tubuh bisa bekerja optimal, terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Apalagi saat cuaca sedang terik, setelah olah raga, tenggorokan kering, pasti membutuhkan minum
 
Namun jangan salah, minum air putih memang bagus. Akan tetapi jika terlalu banyak dan cara minumnya cepat-cepat, maka kondisinya bisa berbahaya bagi tubuh. Tubuh akan mengalami kieracunan air, pingsan dan mengancam nyawa.
 
Hal itu disampaikan dr Saddam Ismail dalam kanal YouTube Saddam Ismail yang dilansir Kabar Rakyat pada, 23 Oktober 2021.
 
Menurut dr Saddam Ismail, jika kurang minum maka bisa dehidrasi dengan gejala pingsan, syok, jantung berdebar-debar, Akral dingin, lemas, mata berkunang-kunang, kencing sedikit atau tidak kencing sama sekali. 
 
“Sedikit minum tidak bagus karena menyebabkan dehidrasi, kebanyakan minum juga tidak bagus. Yang bagus adalah yang sedang-sedang saja sesuai takaran porsinya,” ujarnya.
 
Dijelaskan lebih lanjut, terlalu banyak minum air putih bisa menyebabkan kondisi berbahaya. Hal ini dikarenakan kadar gula darah bisa turun, serta kadar Natrium dalam darah juga menurun. Kondisi ini disebut dengan istilah Hiponatremia atau keracunan air. 
 
“Jadi sesuatu yang berlebihan memang tidak bagus walaupun disarankan minum air putih. Normalnya anak muda jarang terjadi Hiponatremia, ini bukan berari tidak bisa, kalau minumnya berliter-liter dalam satu waktu ya bisa saja terjadi,” tukas dr Saddam Ismail.
 
Kebanyakan minum air putih menyebabkan kerja Ginjal terganggu. Menuru t dr Saddam Ismail, Ginjal membuang cairan butuh waktu kurang lebih selama satu jam. Jadi kalau minum terlalu banyak, ginjal tidak bisa membuang semuanya. 
 
“Akhirnya terjadi pembengkakan di tangan, di kaki, makanya kalau lihat orang kakinya bengkak bisa jadi kelebihan cairan, bisa karena kebanyakn minum ataupun ada penyakit tertentu,” kata dr Saddam.
 
Masih kata dr Saddam Ismail, pembengkakan akibat kebanyakan minuj air putih tersebut berbahaya, bisa sampai ke otak. Fungsi Natrium untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh dan sekitar sel. 
 
“Makanya kalau hiponatremia bisa ketidakseimbangan cairan akhirnya bengkak tadi,” tukasnya.
 
Lalu bagaimana penanganan saat keracunan air?  Dr Saddam Ismail menyarankan segera mencari pertolongan ke medis. Pembengkakan di tangan, di kaki bisa menjalar ke otak. Orang yang mengalami keracunan air biasanya mengalami mual, muntah dan diare. Muntah dan diare ini sebagai cara tubuh membuang cairan dalam tubuh.
“Itu bahaya, akhinya bisa kejang, pingsan, koma, segera bawa ke UGD, dokter akan memberikan terapi supaya kondisi tersebut bisa teratasi,” urai dr Saddam.
 
Lantas bagiamana cara mencegah keracunan air? Dr Saddam Ismail memberikan beberapa tips. Antara lain jangan minum air putih secara cepat, serta jangan minum air putih terlalu banyak dalam satu waktu.  Selain itu bisa melihat warna air urin yang keluar. Jika warnanya kuning, berarti kurang minum air putih. Jika warnanya air urin putih, pertanda sudah normal.
 
“Atau minumlah air putih sebanyak 8 gelas sehari atau dua liter air putih, dan misalkan selesai melakukan olahraga yang berat, bisa minum air yang mengandung elektrolit dan natrium, ini sudah banyak dijual di pasaran, biasanya olahragawan tahu ini,” pungkas dr Saddam Ismail. ***
 

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Rabu, 10 November 2021 | 08:37 WIB
X