• Selasa, 30 November 2021

Jokowi : Santri Bisa Ciptakan Kesempatan Kerja Manfaat Seluas-luasnya

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:59 WIB
Tangkapan layar YouTube Presiden Joko Widodo (YouTube/Setkab RI)
Tangkapan layar YouTube Presiden Joko Widodo (YouTube/Setkab RI)

KABAR RAKYAT, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional 2021, bertema 'Siaga Jiwa Raga' untuk Indonesia, 22 Oktober.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) saya sudah berkali-kali menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, harus menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah dan industri halal di dunia.

Lebih jauh, Jokowi berharap Indonesia harus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia. Hal ini ditunjukkan dengan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia yang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Ia mengutip data The State of Global Islamic Economy Indicator Report, yang menyebutkan sektor ekonomi syariah Indonesia telah berada di peringkat dari peringkat 10 besar dunia pada 2018, peringkat 15 pada 2019, dan pada tahun 2020 ekonomi syariah Indonesia sudah berada diperingkat empat dunia.

Baca Juga: Mulai 22 Oktober 2021 Anak Usia di Bawah 12 Tahun kembali Diperbolehkan Naik Kereta Api

“Naik, naik, naik terus, namun kita tak boleh berpuas diri, perlu ada upaya yang sinergis antar pemangku kepentingan agar ekonomi syariah kita tumbuh lebih pesat lagi, dan itulah peran penting yang perlu dimainkan oleh masyarakat ekonomi syariah” ujar Jokowi seperti dilansir dari kanal YouTube @Sekretarian Presiden oleh Kabar Rakyat, Jumat, 22 Oktober 2021.

Jokowi berharap lulusan-lulusan pesantren bisa berdaya secara ekonomi dan menjadi wirausahawan sukses serta turut menggawangi perkembangan ekonomi syariah.

“Karena itu kita harus mendorong munculnya lebih banyak enterpreuner atau wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren” lanjut Jokowi.

"Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan, tetapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat," ujar Jokowi.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ijtimah MUI Tentang Ketentuan Hukum Pinjaman Online

Sabtu, 20 November 2021 | 14:59 WIB
X