• Selasa, 30 November 2021

Makan Cemilan ini saat Lapar, Dijamin Diet akan Berhasil Kata dr Saddam Ismail

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:08 WIB
Makan Cemilan ini saat Lapar, Dijamin Diet akan Berhasil Kata dr Saddam Ismail (YouTube/@saddam ismail)
Makan Cemilan ini saat Lapar, Dijamin Diet akan Berhasil Kata dr Saddam Ismail (YouTube/@saddam ismail)
KABAR RAKYAT - Dibandingkan dengan makan porsi biasa atau porsi besar, makan cemilan di saat lapar tetap diperbolehkan. Walaupun ngemil namun dijamin diet akan berhasil.
 
Jangan khawatir kalau diet tidak boleh makan sama sekali atau tidak boleh ngemil. Makan cemilan yang tepat tetap boleh dilakukan dan dijamin membuat diet akan berhasil.
 
Dilansir Kabar Rakyat dari unggahan YouTube Saddam Ismail, bahwa cemilan itu bisa berupa makanan dan juga minuman. Intinya di saat ngemil pilih cemilan yang tepat, porsi yang tepat dan cara pengolahan yang tepat serta jangan sampai berlebihan.
 
Dipaparkan dr Saddam Ismail, keberhasilan diet itu bukan hanya rasa lapar saja, tetapi lingkungan juga berpengaruh. Misalkan dalam kondisi sedang lapar, pasti ingin makan itu wajar. Namun kadang di saat tidak lapar, tetapi ada di lingkungan yang mengajak makan, maka terkadang terpengaruh juga untuk makan.
 
“Kadang lingkungan lebih berpengaruh ketimbang rasa lapar.  Keberhasilan orang yang diet biasanya ditentukan lingkungan juga, bukan hanya personal diri, tapi lingkungan juga berpengarauh,” ujarnya.
 
Dr Saddam Ismail menyebut delapan jenis cemilan yang bisa menjadi pilihan ketika lapar oleh kalangan yang sedang diet menurunkan berat badan. Dijamin diet akan berhasil. Jenis cemilan tersebut  yakni :
 
1. Kacang-Kacangan 
 
Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan utama untuk diet menurunkan berat badan. Kalau sudah makan besar tiba-tiba merasa lapar, boleh makan kacang-kacangan. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara penyajian dan jumlahnya.
 
“Jangan digoreng, sebab kalau digoreng nanti nilai kalorinya berbeda,” imbuh dr Saddam.
 
Dr Saddam Ismail menyebut kacang-kacangan mengandung protein, lemak sehat, dan serat. Semua itu bagus untuk diet dan bikin kenyang. 
 
“Jangan banyak-banyak, cukup satu genggam saja, cukup untuk mengganjal perut teman-teman supaya tidak makan besar atau makan porsi biasa,” jelas dr Saddam.
 
2. Buah dan Sayur
 
Buah-buahan dan Sayur-sayuran termasuk makanan sehat, tinggi serat, kandungan vitamin dan mineralnya tidak diragukan lagi. Mengkonsumsi makanan berserat tentu cepat kenyang. Selain itu buah dan sayur walaupun dimakan dalam jumlah yang besar, kalorinya lebih sedikit dibanding cemilan gorengan, martabak dan sebagainya. 
 
“Misalkan satu buah apel ukuran sedang, satu pisang kecil, 200 gram rebusan wortel, buah kiwi. Jadi ketika lapar ngemil buah dan sayur itu enggak apa apa, apalagi ngemil wortel, 200 gram wortel itu banyak, tapi kalorinya enggak sampai 100 kalori. ini cocok sekali kalau seandainya temenb-temen lapar, makan wortel,” kata dr Saddam.
 
3. Telur Rebus
 
Semua orang pasti tidak asing dengan telur rebus sebagai makanan untuk diet. Telur rebus termasuk tinggi protein, ada kandungan vitamin K2, vitamin B12, dan Asam Amino. Semua itu bagus untuk menurunkan berat badan, bikin cepat kenyang, bikin otot tidak mengecil, serta menjaga massa otot. 
 
“Jadi kalau seumpanya teman-teman diet, lalu ototnya ikut mengecil, ya memang berat badannya ikut turun, tapi nanti resiko berat badan naik lagi itu ada. Jadi teman-teman, konsumsi telur rebus untuk cemilan bisa jadi pilihan,” ungkap dr Saddam..
 
4. Oat Meal
 
Oat Meal ini biasanya dikonsumsi orang diet saat sarapan. Namun bisa jadi cemilan saat diet. Mengkonsumsi Oat Meal satu atau dua suap saja sudah kenyang karena tinggi serat. Selain itu di dalam Oat Meal terdapat gel yang akan melapisi lambung, sehingga pengosongan lambung juga akan lebih lama. Makanya orang makan Oat Meal akan lebih tahan lapar, cepat kenyang karena tinggi serat.
 
5. Popcorn Tawar
 
Popcorn tawar bisa jadi cemilan diet yang baik. Namun jangan salah, banyak orang yang diet salah memilih makan popcorn yang manis atau yang asin. Jika popcorn manis maka ada kandungan gula sehingga kalorinya akan berbeda. Sebaliknya jika makan popcorn asin maka tidak bias dipakai untuk diet.
 
“Ingat jumlahnya juga jangan terlalu banyak. Dengan porsi satu mangkuk kecil sudah cukup,” tegas dr Saddam Ismail.
 
6. Buah Zaitun
 
Banyak yang tahu tentang khasiat minyak zaitun. Biasa dipakai orang diet, menyehatkan, bagus untuk pembuluh darah, jantung dan sebagainya. Selain minyaknya, buah Zaitun pun begitu menyehatkan juga. Di dalamnya terkandung lemak sehat, membuat cepat kenyang, jantung lebih sehat karena ada lemak baik.  Kemudian kalori di Buah Zaitun jumlahnya sedikit.
 
7. Cokelat Hitam
 
Cokelat Hitam bisa dijadikan cemilan untuk diet karena bisa mengendalikan nafsu makan. Namun hati-hati jumlahnya jangan terlalu banyak. Bagi orang perutnya sensitive juga hati-hati jangan mengkonsumsi Cokelat Hitam karena akan menimbulkan sakit perut, asam lambung kambuh dan sebagainya.
 
8. Edamame 
 
Edamame bagus untuk cemilan saat diet. Kandungannya tinggi serat, protein, magnesium, kalium, zat besi.  semua unsur itu bagus dikonsumsi ketika sedang diet.
 
Dr Saddam Ismail mengatakan pada dasarnya banyak cemilan sehat yang tetap bias dikonsumsi untuk diet. Akan tetapi delapan jenis cemilan tersebut menurutnya yang paling mudah dan direkomendasikan.
 
“Yang terpenting jumlah kalorinya, kandungan karbohidrtnya, kandungan lemak, protein itu yang terpenting, jangan terlalu berlebihan terutama kalori, jadi kalau diet bisa mengendalikan kalori insya Allah aman, diet akan berhasil,” pungkas dr Saddam Ismail. ***
 

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube Saddam Ismail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Rabu, 10 November 2021 | 08:37 WIB
X