• Selasa, 30 November 2021

Dr Zaidul Akbar Ungkap Rahasia Sunah Makanan yang Mampu Menaikan Hormon Bahagia

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 06:16 WIB
Tangkapan layar YouTube dr Zaidul Akbar (YouTube/dr Zaidul Akbar)
Tangkapan layar YouTube dr Zaidul Akbar (YouTube/dr Zaidul Akbar)

KABAR RAKYAT – Ternyata di dalam agama islam sudah ada sejak zaman dahulu tentang makanan-makanan yang mampu meningkatkan hormon kebahagiaan. Dalam keterangan hadis banyak ditemukan manfaat tersembunyi dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Salah satunya adalah makanan yang mampu memperbaiki jalus-jalur GBA atau Gut Brain Axis. Jalur GBA yang dimaksud adalah kesehatan usus di perut yang penting karena berkaitan dengan menjaga kesehatan sistem saraf di otak manusia.

Diketahui bahwa di dalam perut memiliki struktur yang sama dengan otak manusia. Dengan kata lain kesehatan perut yang di dalamnya terdapat usus juga mesti dijaga.

Menjaga pencernaan di dalam perut penting dilakukan karena di dalam usus terdapat bakteri yang sangat banyak jumlahnya. Bakteri di usus itu jumlahnya bukan hanya ratusan juta, namun mencapai Milyaran atau bahkan trilyunan bakteri.

Baca Juga: Ganda Greysia Polii - Apriyani Lolos 16 Besar, Berikut Jadwal Pertandingan Live di TVRI

Dilansir kabarrakyat dari unggahan video di kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official yang diunggah pada 19 Oktober 2021, bahwa islam memberikan pedoman-pedoman yang dulu mungkin bahasanya tidak seperti sekarang.

“Dulu bahasa-bahasa sederhana yang di situ terkandung hikmah yang luar biasa. Contoh, kalau pernah mendengar Talbinah. Talbinah itu adalah gandum yang disebutkan dalam hadis Riwayat Bukhari oleh Rasulullah SAW,” papar dr Zaidul Akbar merupakan seorang dokter serta pendakwah islam.

Dijelaskan dr Zaidul Akbar, Nabi Muhammad SAW menyampaikan kalimat yang menarik dan unik di dalam hadist Bukhari tersebut. Kata nabi bahwa Talbinah itu menenangkan hati. Kok bisa Talbinah menjadikan perasaan seseorang menjadi tenang dan bahagia?

“Ternyata talbinah bisa seperti itu karena dia adalah makanannya makhluk-makhluk yang ada di perut kita, makhluk-makhluk yang saya maksud adalah bakteri. Jadi bakteri yang ada di perut kita itu, dia menjadi salah satu sumber atau produsen dari hormon-hormon kebahagiaan tadi,” jelas dr Zaidul Akbar, dikenal konsultan dan praktisi pengobatan Sunah Indonesia ini.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Rabu, 10 November 2021 | 08:37 WIB
X