• Kamis, 2 Desember 2021

Tahun 2022 Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi Buka Program Pendidikan Pilot Seaplane

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 08:15 WIB
Pesawat jenis perairan atau Seaplane/banyuwangikab.go.id
Pesawat jenis perairan atau Seaplane/banyuwangikab.go.id

KABAR RAKYAT,BanyuwangiAkademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi akan membuka program pendidikan baru guna mencetak pilot-pilot handal menerbangkan pesawat jenis seaplane atau pesawat yang bisa mendarat di perairan.

Program ini akan dibuka pada tahun 2022 mendatang dan satu-satunya pusat pendidikan penerbangan khusus perairan di Indonesia bahkan kawasan Asia Tenggara.

Beberapa negara di Asia Tenggara sudah berharap bisa mencetak pilot khusus dalam menerbangkan pesawat amphibi di sekolah satu-satunya di Indonesia ini. 

Baca Juga: Banyuwangi Targetkan 70 persen Sasaran Tervaksinasi di Akhir Bulan Oktober 2021

Hal ini terungkap dalam peresmian “Seaplane Ampibhian Operation dan Pelantikan Perwira Transportasi di Hanggar Alpha API Banyuwangi, Senin (18/10/2021). Hadir dalam acara tersebut Plt Kepala BPSDM Kementerian Perhubungan Antoni Arif Priadi, Kepala Pusbang SDM Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Heri Sudarmaji, Staff ahli menteri Perhubungan Cris Kuntadi dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

"Seaplane Ampibhian Cesna 172 SP Operation sukses digelar. Dan ini langkah baru bagi Indonesia menjadi pencetak pilot seaplane satu-satunya di Asia Tenggara. Malaysia salah satunya yang sudah antre untuk mencetak pilot seaplane," ujar Antoni Arif Priadi, Plt Kepala BPSDM Kementrian Perhubungan. 

Seaplane Ampibhian Operation yang didasari dari Operating Certification (OC)-91 milik API Banyuwangi. Sebelum diresmikan, seaplane milik API Banyuwangi melakukan take off dan landing di Teluk Pangpang yang didasari dari Operating Certification (OC)-91 dalam Seaplane Amphibian Operation milik API Banyuwangi. Tamu undangan bisa menyaksikan langsung secara virtual. Capt. Ivan Adikusuma dan Capt. Demmy Setyo Wiyono melaporkan langsung landing dan take off pesawat Cesna 172 SP yang dimodifikasi menjadi pesawat ampibhi tersebut.

Baca Juga: Komisi IV DPRD Banyuwangi Berharap Pembangunan Infrastruktur Tahun 2022 Terencana Dengan Baik Berkualitas

"API Pangpang merupakan water aerodrome yang nantinya digunakan sebagai operasional kegiatan pelatihan Seaplane di API Banyuwangi dan akan menjadi role model water aerodrome di masa depan," tambahnya. 

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas Menatap Indonesia, Butuh Volunteer Baru

Selasa, 2 November 2021 | 19:46 WIB

5 Mahasiswa Baru UNEJ 2021 Masih berusia 16 Tahun

Minggu, 19 September 2021 | 17:31 WIB

BEM UNIBA Gandeng Polresta Gelar Vaksinasi Mahasiswa

Jumat, 17 September 2021 | 05:10 WIB
X