• Selasa, 30 November 2021

Dr Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Kesehatan Pencernaan

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 12:32 WIB
Dr Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Kesehatan Pencernaan (YouTube dr Zaidul Akbar Official)
Dr Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Kesehatan Pencernaan (YouTube dr Zaidul Akbar Official)
KABAR RAKYAT - Kurma merupakan salah satu buah yang disukai Rasulullah SAW. Banyak hadis Nabi yang menyebut manfaat dari mengkonsumsi buah kurma.
 
Buah kurma memiliki kandungan utama karbohidrat yang mencapai 70 persen. Selain itu juga terdapat sumber nutria lainnya seperti Serat, Kalsium, Zat Besi dan Vitamin B6.
 
Segudang manfaat mengkonsumsi buah kurma kemudian banyak ditemukan oleh pakar medis. Salah satunya yang diungkap dr Zaidul Akbar yang menyebut manfaat kurma untuk pencernaan.
 
 
Dilansir Kabar Rakyat dari unggahan kanal YouTube dr Zaidul Akbar Official, yang diunggah pada 4 Oktober 2021. dr Zaidul Akbar mengungkap rahasia antara perut dan otak. Serta menyebut makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan.
 
Dr Zaidul Akbar merupakan seorang dokter, pendakwah islam, konsultan dan praktisi bpengobatan Sunah Indonesia. Dr Zaidul Akbar jugta pengagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR). 
 
Disebutkan pula, dr Zaidul Akbar merupakan lulusan fakultas kedokteran Universitas Diponegoro tada tahun 2003. Dr Zaidul Akbar juga pernah praktik di rumah sakit Balikpapan dan Jakarta.
 
 
Dr Zaidul Akbar mengatakan, usus yang ada di dalam perut memiliki struktur yang sama dengan otak manusia. Oleh karenanya kesehatan perut yang didalamnya terdapat usus juga mesti dijaga
 
Menjaga kesehatan pencernaan perut penting dilakukan karena di dalam usus terdapat bakteri yang jumlahnya sangat banyak.
 
“Karena di dalam perut ada bakterinya, yang jumlahnya buka ratusan juta, tapi miliaran atau bahkan trilyunan,” ujar dr Zaidul Akbar dalam video tersebut.
 
 
Dr Zaidul Akbar juga mengungkap hubungan antara perut dan otak yang saling terhubung. Keduanya penting dijaga kesehatannya. Menjaga sistem kesehatan perut berarti menjaga system saraf yang ada di otak.
 
“Namanya GBA atau Gut Brain Axis, jadi kesehatan usus itu oenting dan berkaitan dengan menjaga kesehatan sistem saraf yaitu otak,” terang dr Zaidul Akbar.
 
Pentingnya menjaga kesehatan percernaan diterapkan pada zaman Rasulullah SAW. Beliau sangat suka mengkonsumsi buah kurma. Nah, ternyata mengkonsumsi buah kurma dapat berdampak pada kesehatan pencernaan.
 
 
“Maka kalau kita paham konsep tadi, kita akan paham kenapa kita dianjurkan makan kurma, dan minum air putih. Karena kurma adalah makanan yang sangat baik untuk menguatkan bakteri-bakteri yang ada di pencernaan kita,” pungkas dr Zaidul Akbar. 
 
Kandungan serat pada buah kurma berjenis serat yang tidak larut. Maka jika dikonsumsi, maka dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi kurma dapat mencegah terkena diare dan sembeli akan berkurang.***

Editor: Ayu Nida

Sumber: YouTube dr Zaidul Akbar Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Rabu, 10 November 2021 | 08:37 WIB
X