• Kamis, 27 Januari 2022

Gempa Mengguncang Bali 4,8 SR, Getarannya Terasa Sampai ke Lombok

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:51 WIB
Gempa Mengguncang Bali 4,8 SR, Getarannya Terasa Sampai ke Lombok    (Twitter @bmkg.go.id)
Gempa Mengguncang Bali 4,8 SR, Getarannya Terasa Sampai ke Lombok (Twitter @bmkg.go.id)

KABAR RAKYAT, Gempa magnitudo 4,8 SR mengguncang wilayah Bali pada Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 03.18 WIB atau 04.18 WITA. Gempa kali ini mengguncang wilayah Karangasem Bali.

Dikutip dari Twitter @bmkg.go.id oleh Kabar Rakyat, gempa yang terasa dini hari tadi, pusatnya berada di darat 8 km barat laut Karangasem dengan kekuatan magnitudo 4.8 SR, kedalaman 10 Km.

Gempa berlokasi di 8.32 LS,115.45 B. Gempa dirasakan di Karangasem, Denpasar dan Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Mataram.

Baca Juga: Mengharukan, Kisah Keajaiban Berbakti Kepada Orang Tua, Deddy Corbuzier Dapat Rejeki Rp700 Juta

Guncangan gempa itu dirasakan di sejumlah wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat. Guncangan lemah dengan skala MMI IV dirasakan di Denpasar, Karangasem, Lombok Utara.

Sementara di wilayah Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Mataram guncangan lemah dirasakan dengan skala MMI III.

Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal.

“Memperhatikan mekanisme sumber gempa Bali magnitudo 4,8 SR yang merusak pagi ini, tampak bahwa gempa yang terjadi diakibatkan oleh aktivitas sesar atau patahan aktif lokal, bukan akibat sesar naik Flores (Flores Back AEC Thrusting),” ujar Daryono seperti dikutip dari akun Twitter resminya @DaryonoBMKG, Sabtu, 16 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Ayu Nida

Sumber: Twitter @bmkg.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X