• Selasa, 30 November 2021

Ganjar Pranowo di STQ Nasional Maluku Utara, Mendapat Sambutan Hangat dari warga Ternate

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:03 WIB
Ganjar Pranowo di STQ Nasional Maluku Utara, Mendapat Sambutan Hangat dari warga Ternate (@ganjarpranowo)
Ganjar Pranowo di STQ Nasional Maluku Utara, Mendapat Sambutan Hangat dari warga Ternate (@ganjarpranowo)

KABAR RAKYAT - Ganjar Pranowo mendapat sambutan meriah dari masyarakat Ternate dan Paguyuban Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo datang ke Ternate dalam rangka mendampingi kafilah Seleksi Tilawatil Quran Jawa Tengah yang akan tampil di STQ Nasional ke XXVI Maluku Utara.
 
Dalam akun Instagram @ganjarpranowo Ganjar Pranowo sangat terharu  ketika ratusan warga setempat menyambut kedatangannya pada Jumat, 15 Oktober 2021
 
Masyarakat Jawa tengah yang sudah puluhan tahun menetap di Ternate,sangat senang bisa bertemu dengan salah satu tokoh dari kampung halamannya. 
 
"saya sangat bahagia bisa bertemu beliau (Ganjar Pranowo) karena dia kan bapak kita. Luar biasa rasanya," kata Bagyo Widodo, salah satu tetua Kerukunan Keluarga Persaudaraan Jawa (KKPJ) Ternate
 
Dalam perbicangan singkat, Ganjar sangat terharu dengan cerita masyarakat yang sudah puluhan tahun meninggalkan Jawa, karena masyarakat Jawa diTernate bisa membaur dengan masyarakat asli Ternate
 
Warga Jawa diTernate belajar hidup  berdampingan dalam hal gamelan, tembang tembang Jawa juga belajar adat istiadat asli Ternate.
 
"kami warga Jawa yang di sini juga  mengajarkan warga asli sini tentang gamelan, tembang-tembang Jawa dan tarian. Sebaliknya, anak-anak kami juga belajar adat dan kesenian Suku Ternate," katanya. 
 
Tokoh masyarakat jawa menuturkan,  kelompok masyarakat Jawa yang ada di Ternate, juga turut berkontribusi dalam kehidupan sosial kesehatan masyarakat.
 
"Yang kami lakukan adalah dari pemberian wakaf, membangun masjid sampai memberi sumbangan ambulance. Karena kerukunan kami, saat ini kami bisa sama-sama bahagia menyambut Pak Ganjar, " katanya. 
 
 
Ganjar Pranowo sebelum pamit menyampaikan pesan agar masyarakat Jawa hidup berdampingan, rukun dan saling bantu membantu dengan masyarakat sekitar.
 
"Saya berharap semuanya rukun dan saling membantu masyarakat sekitar. Ingat di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Sebisa-bisanya harus memberi manfaat di manapun berada. Kalau bisa nanti seni juga maju, nanti kita bantu kerjasama dengan institut seni solo ISI" pungkas Ganjar. ***

Editor: Ayu Nida

Sumber: Instagram @ganjar_pranowo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ijtimah MUI Tentang Ketentuan Hukum Pinjaman Online

Sabtu, 20 November 2021 | 14:59 WIB
X