• Senin, 25 Oktober 2021

Ekonom Senior Faisal Basri Ungkap Banyak Hal Mengenai TKA China, dari Soal Gaji hingga Klaim Ahli

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:49 WIB
Ilustrasi TKA China di Indonesia mendapat sorotan dari ekonom senior Faisal Basri, dari gaji hingga klaim ahli (Pixabay / MarkoLovric / 9 images)
Ilustrasi TKA China di Indonesia mendapat sorotan dari ekonom senior Faisal Basri, dari gaji hingga klaim ahli (Pixabay / MarkoLovric / 9 images)

KABAR RAKYAT - Tanggapan tak sedap kerap bermunculan terkait kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) China ke Indonesia.

Terlebih lagi kedatangan TKA China di musim pandemi Covid-19 yang sering menjadi sorotan miring publik.

Bahkan bermunculan komentar pedas mengenai kehadiran TKA China yang semakin berpotensi terhadap minimnya penyerapan tenaga kerja di Indonesia sendiri.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS Hari ini di Pegadaian Terpantau Naik

Meski begitu, pemerintah berkali-kali mengklaim bahwa TKA China yang didatangkan merupakan tenaga ahli, bukan pekerja biasa.

Klaim itu ditampik ekonom senior Faisal Basri. Ekonom lulusan Universitas Indonesia (UI) itu kemudian mengungkap rata-rata gaji TKA China di Indonesia yang dari nominalnya bukan gaji seorang tenaga ahli.

"Apakah mereka tenaga ahli? Ya tidak. Gaji mereka itu Rp17 juta sampai Rp54 juta," sebut Faisal Basri dalam diskusi virtual bertajuk 'Waspada Kerugian Negara dalam Investasi Pertambangan' yang disiarkan kanal Youtube CORE Indonesia pada 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Ramai Artis Hujat Baim Wong, Dedi Mulyadi Malah Bilang Begini

"Jabatan mereka koki, pengemudi ekskavator, truk derek, forklift. Manajer gudang, ahli statistik, montir, operator," terang Faisal.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat, Youtube CORE INDONESIA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Kemenag, Begini Caranya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB
X