• Selasa, 30 November 2021

8 Penyebab Janin Bayi Kurang Bergerak, Dokter Saddam Ismail: Ibu Hamil Harus Tahu

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:28 WIB
Tangkapan layar YouTube di chanel Dokter Saddam Ismail (YouTube)
Tangkapan layar YouTube di chanel Dokter Saddam Ismail (YouTube)

KABAR RAKYAT, KESEHATAN - Penyebab gerakan janin berkurang merupakan hal penting diketahui oleh ibu hamil. Ibu Hamil tidak perlu panik, dokter Saddam Ismail menjelaskan detailnya ada 8 faktor penyebabnya.

Dijelaskan, doktor Saddam, ketika memasuki usia kehamilan lima bulan, ibu hamil sudah bisa merasakan gerakan janin, tendangan janin dan sebagainya.

Jika janin aktif bergerak, itu tandanya janin normal dan sehat. Sebaliknya apabila janin yang tadinya aktif bergerak, kemudian tiba-tiba gerakannya berkurang atau tidak bergerak sama sekali, maka tidak ada salahnya segera periksa ke dokter.

Berikut delapan penyebab gerakan bayi berkurang menurut dr Saddam Ismail.

Dilansir Kabarrakyat.id dari unggahan YouTube Chanel Saddam Ismail pada 12 Oktober 2021, berikut ini penyebab janin kurang bergerak.

Baca Juga: Kuota Internet Bagi 26,6 Juta Pendidik dan Peserta Didik Cair Pada Oktober 2021

1. Janin Tidur
Janin juga memiliki jam tidur sejak dalam kandungan. Tentang waktunya antara 20-40 menit. Maksimal 90 menit lama janin tidur. Tentu saja saat janin tidur maka sang ibu akan merasakan gerakan janin berkurang atau bahkan tidak bergerak sama sekali.

2. Posisi Bayi
Kalau posisi bayi berada di dekat tulang belakang, maka meskipun bayi itu bergerak, tapi ibu hamil tidak merasakannya karena posisinya di belakang.

3. Air Ketuban Sedikit
Air ketuban berfungsi melindungi bayi. Bayi akan aktif bergerak di air ketuban. Jika air ketuban sedikit maka gerakan janin akan berkurang atau tidak bergerak sama sekali.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Rabu, 10 November 2021 | 08:37 WIB
X