• Jumat, 19 Agustus 2022

Jokowi Resmikan Groundbreaking Pembangunan Smelter Freeport di Jatim

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 22:20 WIB
Tangkapan layar instgram Presiden Joko Widodo  (Instaram/@jokowi)
Tangkapan layar instgram Presiden Joko Widodo (Instaram/@jokowi)


KABAR RAKYAT, SIDOARJO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur. 

Rombongan Kepresidenan berangkat sekitar pukul 08.00 WIB dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi beserta rombongan akan langsung menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Kabupaten Gresik.

Dikutip Oleh KABAR RAKYAT dari Twitter Joko Widodo, bahwa Smelter PT Freeport Indonesia ini dibangun di atas lahan seluas 100 ha.

Baca Juga: Presenter Cantik Maria Vania Ternyata Hobi Yoga

Smelter ini akan menjadi single line terbesar di dunia dengan kapasitas pengolahan mencapai 1,7 juta ton konsentrat tembaga pertahun atau 480.000 ton logam tembaga.

Pembangunan smelter atau pemurnian tambang mineral PT Freeport Indonesia (PTFI) di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik ini ditargetkan dapat beroperasi pada 2023.

Vice Presiden Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Riza Pratama sebelumnya menyebut, pembangunan smelter diperkirakan menelan dana USD3 miliar.

Lokasi smelter di Gresik, menurut Riza, karena di wilayah tersebut dinilai sangat cocok sebab ada pabrik semen yang dapat memanfaatkan hasil pengolahan asam sulfat, perak dan gipsum.

Baca Juga: Setelah China Menang Tender KA Cepat Jakarta-Bandung, Lakukan Penambahan Anggaran Melampaui Pesaingnya

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Instagram

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X