• Senin, 17 Januari 2022

6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit, Nomor 1 Wajib Dilakukan!

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:00 WIB
6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit, Nomor 1 Wajib Dilakukan! (5686750 / 3 images)
6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit, Nomor 1 Wajib Dilakukan! (5686750 / 3 images)

KABAR RAKYAT - Kesehatan anak adalah hal utama yang jadi prioritas orang tua dan keluarga. Saat anak sakit, orang tua biasanya juga ikut merasa sedih karena kondisi anak lesu.

Oleh karena itu, sebisa mungkin kesehatan tubuh anak harus dijaga setiap harinya.
Cara menjaga kesehatan tubuh anak adalah dengan membiasakan rutinitas hidup bersih dan teratur.

Kita sebagai orang tua bisa membiasakan rutinitas hidup yang teratur agar bisa dicontoh oleh anak-anak.

Oleh karena itu, ada 6 cara menjaga kesehatan tubuh anak agar tidak mudah sakit selama beraktivitas.

Baca Juga: Menggiurkan, Beternak Ayam KUB di Tengah Pandemi Membantu Perekonomian Masyarakat

1. Konsumsi makanan sehat setiap hari

Anak belum bisa memilih makanan dengan nutrisi yang baik. Oleh karena itu, anak-anak harus dibiasakan untuk konsumsi makanan sehat mulai dengan selalu disediakan di rumah.

Hal ini akan memungkinkan anak untuk tetap terbiasa makanan bernutrisi saat beranjak dewasa. Dengan begitu, tubuhnya akan tetap dapat asupan vitamin dan nutrisi seimbang.

2. Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan

Selain asupan nutrisi yang sehat untuk tubuh, sahabat juga bisa membiasakan anak-anak untuk menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan akan senantiasa menghindarkan diri dari kuman dan bakteri berbahaya.

Hal paling mudah untuk menjaga diri adalah dengan cuci tangan sebelum makan, mandi secara teratur, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Bahan Bakar Minyak Pertalite Langka, Pemotor di Bondowoso: Ini Bikin Kesal

3. Mengajarkan anak aktif bergerak

Selain asupan nutrisi yang seimbang, anak juga harus dibiasakan untuk aktif bergerak. Di beberapa kesempatan, anak mungkin juga akan meniru kebiasaan rutin berolahraga.

Anak bisa dibiasakan untuk bersepeda di depan rumah atau diajak berjalan-jalan di pagi hari. Hal ini akan membuat si kecil aktif sehingga metabolisme tubuhnya baik.

4. Melakukan imunisasi dan pemeriksaan rutin

Pertumbuhan anak sedang berada dalam masa keemasan. Meskipun si kecil sedang tidak dalam kondisi sakit, tapi belum tentu perkembangan tubuhnya baik. Oleh karena itu, si kecil harus melakukan pemeriksaan rutin, termasuk ke dokter gigi.

Tak hanya itu, pastikan juga si kecil sudah mendapatkan imunisasi dasar. Hal ini akan membantu si kecil lebih terlindungi dari ancaman virus dan bakteri berbahaya bagi kesehatannya.

Baca Juga: Vaksinasi On the Spot Sasar Pasar Mojokerto, Pedagang Buah: Enak Pak!

5. Rutin konsumsi multivitamin

Selain asupan nutrisi seimbang, si kecil sebaiknya juga mengonsumsi multivitamin. Konsumsi multivitamin sangat disarankan untuk anak usia 3 – 12 tahun.

6. Tidur cukup dan teratur

Si kecil sulit tidur saat malam? Ya, hal ini mungkin sering kali jadi permasalahan anak-anak saat sedang dalam usia aktif. Namun, tetap biasakan rutinitas tidur malam secara disiplin dengan waktu tidur 8 – 10 jam setiap hari agar tubuhnya bisa beristirahat. Dengan begitu, sistem metabolisme di dalam tubuh akan tetap optimal.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa dibiasakan pada anak-anak agar tubuhnya tetap sehat. Kita bisa melakukan beberapa rutinitas bersama agar menjadi contoh yang baik bagi anak-anak untuk hidup sehat.***

Halaman:
1
2
3

Editor: Ayu Nida

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X