• Selasa, 9 Agustus 2022

Hubungan China-Taiwan Semakin Panas Setelah Beijing Mengirim 52 Jet Tempur ke Wilayah Udara Taiwan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:45 WIB
Ilustrasi setelah Beijing mengirimkan 52 Jet Tempur untuk Taiwan, hubungan China-Taiwan semakin memanas (Pixabay / toddwmac / 51 images)
Ilustrasi setelah Beijing mengirimkan 52 Jet Tempur untuk Taiwan, hubungan China-Taiwan semakin memanas (Pixabay / toddwmac / 51 images)

KABAR RAKYAT, INTERNASIONAL - Pemerintah Taiwan tak bersedia tunduk dengan peraturan China. Tentu pernyataan ini sangat mengejutkan.

Tsai Ing-wen selaku Presiden Taiwan menyampaikan langsung pernyataan tersebut bahwa pemerintah Taiwan tak bersedia tunduk pada peraturan yang telah ditetapkan China.

Bahkan Presiden Taiwan ini menegaskan pernyataannya tersebut dengan bersumpah akan selalu mempertahankan kedaulatannya dan tak mau dipaksa ataupun tunduk.

Baca Juga: Gubernur Jatim Raden Panji Mohammad Noer 'Gubernurnya Rakyat Kecil'

"Tidak ada yang bisa memaksa Taiwan untuk mengambil jalan yang telah ditetapkan China kepada kami," kata Tsai Ing-wen saat berpidato di Hari Nasional Taiwan, Minggu, 10 Oktober 2021.

Hal itu disampaikan Tsai usai Presiden China Xi Jinping menyerukan reunifikasi yang damai dengan Taiwan.

Pemerintah China marah besar dengan pidato Tsai Ing-wen tersebut. Xi Jinping menyebutkan pidato itu menghasut konfrontasi dan memutarbalikkan fakta.

Baca Juga: Jadwal Sholat 5 Waktu yang Terus Update Untuk Wilayah Kabupaten Banyuwangi, Klik Disini

"Pencarian kemerdekaan Taiwan menutup pintu dialog," kata Xi Jinping melalui Kantor Urusan Taiwan China, dilansir Kabar Rakyat mengutip Pikiran Rakyat dari Reuters, 11 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Reuters, Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X