• Sabtu, 4 Desember 2021

Taliban Berkomitmen Tanah Afghanistan Tak Akan Dipakai Ekstremis Serang Negara Lain

- Senin, 11 Oktober 2021 | 11:10 WIB
Ilustrasi kondisi krisis ekonomi di Afghanistan. Taliban menyampaikan AS akan kirim bantuan kemanusiaan ke Afghanistan (Pixabay / ArmyAmber / 119 images)
Ilustrasi kondisi krisis ekonomi di Afghanistan. Taliban menyampaikan AS akan kirim bantuan kemanusiaan ke Afghanistan (Pixabay / ArmyAmber / 119 images)

KABAR RAKYAT, INTERNASIONAL - Dalam dialog pertama dengan delegasi Amerika Serikat (AS) di Doha, Qatar, Taliban menyampaikan jika AS setuju memberikan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan.

Taliban menyampaikan dialog yang terjadi pada Minggu, 10 Oktober 2021 waktu setempat tersebut, membahas kondisi Afghanistan yang semakin memprihatinkan.

Lebih jauh Taliban mengatakan bahwa saat ini Afganistan tengah berada dalam ancaman ambang bencana ekonomi dan kemiskinan yang serius.

Dilansir Kabar Rakyat mengutip Pikiran Rakyat dari AP News, Taliban mengatakan dialog dengan AS "berjalan dengan baik," dan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan akan diberikan.

Sementara itu, Amerika Serikat memperjelas bahwa pembicaraan itu sama sekali bukan pembukaan pengakuan terhadap Taliban yang berkuasa sejak AS menarik pasukannya.

Juru bicara politik Taliban Suhail Shaheen juga mengatakan menteri luar negerinya meyakinkan AS bahwa Taliban berkomitmen bahwa tanah Afghanistan tidak digunakan oleh para ekstremis untuk melancarkan serangan terhadap negara lain.

Sebelumnya Taliban menyatakan tidak akan bekerja sama dengan AS untuk melawan ekstresmis seperti ISIS di Afghanistan.

ISIS bertanggung jawab atas sejumlah serangan baru-baru ini, termasuk bom bunuh diri yang menewaskan 46 kaum minoritas Muslim Syiah dan melukai puluhan lainnya saat salat Jumat di kota Kunduz.

“Kami dapat mengatasi Daesh (kelompok ekstremis) secara independen,” kata Shaheen, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat, AP News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X