• Sabtu, 4 Desember 2021

Mendag: Indonesia Komitmen Bangun Ekonomi Rendah Emisi

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 22:09 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam acara OECD di Perancis. (Ist/KabarRakyat)
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam acara OECD di Perancis. (Ist/KabarRakyat)

KABAR RAKYAT, INTERNASIONAL - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi ke Paris Perancis bertemu Dewan Menteri OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) pada 5—6 Oktober 2021untuk membahas isu perdagangan.

Dalam pembahasan Building A Green Future yang membahas Innovation and Inclusive Pathways to Net-Zero, Indonesia untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK), berakibat mengenai Perubahan Iklim.

“Indonesia berkomitmen pembangunan ekonomi yang berbasis rendah karbon dan berketahanan iklim. Namun, kerja sama internasional diperlukan untuk mendorong kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta,” jelas Mendag Lutfi.

Hal lain yang dibahas pada Building a Green Future ini, yaitu upaya mendorong agenda pemulihan ekonomi yang kini juga dikemas untuk mendukung agenda transisi menuju ekonomi hijau, inovasi, dan peluang ekonomi baru bagi para pekerja.

Baca Juga: Menjawab Gaji Guru Honorer Minim, Nadiem Harapkan Seleksi PPPK Guru Tahap Berikutnya Bisa Menjadi Solusi

Untuk mencapai upaya pemulihan ekonomi yang dipadukan dengan pencapaian target net zero emission, tentunya memerlukan kerja sama internasional.

Beberapa inisiatif yang diluncurkan beberapa negara seperti Green Deal (Uni Eropa), Build Back Better World (G7), Beyond Zero initiative (Jepang), dan Blue Dot Network (Amerika Serikat, Jepang, dan Australia).

Pertemuan Dewan Menteri OECD, Mendag Lutfi melakukan pertemuan bilateral dengan negara-negara sahabat, yaitu Kazakhstan, Prancis, Amerika Serikat, Kanada, Spanyol, Uni Eropa, dan juga dengan Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng HOMEMADE ala Chef Juna,Praktis Dan Mudah

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim Takraw Sukapura Raih Emas Porkab Probolinggo 2021

Sabtu, 4 Desember 2021 | 10:36 WIB
X