• Kamis, 2 Desember 2021

Serangan Militer Israel Sebabkan 97 Persen Air di Gaza Tak Layak Konsumsi

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 20:29 WIB
Ilustrasi serangan militer Israel ke Gaza Palestina (Pixabay / hosny_salah / 131 images)
Ilustrasi serangan militer Israel ke Gaza Palestina (Pixabay / hosny_salah / 131 images)

KABAR RAKYAT, INTERNASIONAL - Dampak penyerangan Israel ke Gaza tak main-main. Lantaran 97 persen air di daerah tersebut tak layak konsumsi, maka penduduk Palestina yang tinggal di Jalur Gaza berpotensi bisa mengalami sekarat hingga mati perlahan-lahan.

Akibat serangan Israel, muncul laporan krisis air tak layak konsumsi yang disampaikan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB (UNHRC). Laporan tersebut dilayangkan Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania dan Institut Global untuk Air, Lingkungan, dan Kesehatan (GIWEH).

Dalam laporannya, GIWEH menyampaikan bahwa blokade Israel yang panjang telah menyebabkan kemunduran serius tentang keamanan air (untuk dikonsumsi) di Gaza.

Baca Juga: Heboh!!! Grisham Sebut Donald Trump Akan Nyapres 2024 dengan Kebijakan yang Mengerikan

"(Hal tersebut) Menyebabkan 97 persen air terkontaminasi, sementara penduduk daerah kantong yang terkepung dipaksa untuk menyaksikan fenomena keracunan secara perlahan," terangnya.

Mohammad Shehadeh, dari Euro-Med Monitor, mengatakan kepada UNHRC bahwa organisasinya bersama dengan GIWEH mendesak agar PPB turun tangan atas krisis air bersih ini.

"Kami ingin menarik fokus Anda pada kerusakan parah dalam keamanan air Jalur Gaza, terutama karena pengepungan berkepanjangan Israel dan diselingi oleh serangan militer," tuturnya, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Middle East Monitor pada Selasa, 5 Oktober 2021.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Akan Tertibkan Klinik Layanan Tes Antigen di Sekitar Pelabuhan Penyeberangan Ketapang

Shehaded menuturkan bahwa krisis listrik juga membuat situasi kian memburuk karena merusak pengoperasian sumur air dan pabrik pengolahan limbah.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat, Middle East Monitor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X