• Kamis, 2 Desember 2021

Pelajar Bondowoso Ikut ANBK, Bupati: untuk Pemetaan Mutu Pendidikan

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 05:15 WIB
Ilustrasi pelajar ikut ANBK di Bondowoso (fauxels/Pexels)
Ilustrasi pelajar ikut ANBK di Bondowoso (fauxels/Pexels)

KABAR RAKYAT, BONDOWOSO - Pelajar Bondowoso mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), bertujuan untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan di lembaga sekolah yang ada.

Hal itu diungkapkan Bupati KH Salwa Arifin yang memantau langsung pelajar Bondowoso ikut ANBK di SMPN 2 Tenggarang, pada Senin (4/01/2021). "Yang diukur dari ANBK ini, antara lain dari guru, murid, kemudian dari lingkungan," jelasnya.

Harapan Bupati Salwa, pelajar Bondowoso ikut ANBK ini, sekolah di Bondowoso masuk dalam 10 besar sekolah terbaik di Jawa Timur. Sejumlah peralatan yang dibutuhkan sudah mumpuni dan terbilang siap. Meski ANBK baru pertama kali dilakukan Kabupaten Bondowoso.

Keikutsertaan Bondowoso dalam ANBK ini, sebut Bupati Salwa, bisa memotivasi pelajar dan sekolah lainnya menjadi lebih baik. Sebelum agenda ini dilaksanakan, pihak sekolah harus sudah siap jauh-jauh hari.

Baca Juga: BREAKING NEWS WhatsApp, Facebook dan Instagram Down Hingga Turunkan Puluhan Ribu Pengguna

"Untuk para guru harus betul-betul siap menghadapi ini. Menyiapkan diri dan pengaturan terhadap para peserta juga peralatan yang diperlukan," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bondowoso, Sugiono Eksantoso, menjelaskan, ANKB pelajar Bondowoso itu bukan untuk mencari atau melihat kelulusan. Tapi mengarah pada pemetaan mutu.

Pihak sekolah tidak bisa menyiapkan sebelumnya para siswa yang akan mengikuti ANBK. Mengingat para peserta diacak melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Baca Juga: Bupati Deklarasikan Kopi Robusta Terbaik se Indonesia

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas Menatap Indonesia, Butuh Volunteer Baru

Selasa, 2 November 2021 | 19:46 WIB

5 Mahasiswa Baru UNEJ 2021 Masih berusia 16 Tahun

Minggu, 19 September 2021 | 17:31 WIB

BEM UNIBA Gandeng Polresta Gelar Vaksinasi Mahasiswa

Jumat, 17 September 2021 | 05:10 WIB
X