• Senin, 17 Januari 2022

Banyuwangi Kembali Menjadi Nominasi Penerima Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara

- Selasa, 28 September 2021 | 06:38 WIB
Bupati Ipuk saat menerima tim verifikasi nasional penghargaan kabupaten sehat/banyuwangikab.go.id (Hariyadi)
Bupati Ipuk saat menerima tim verifikasi nasional penghargaan kabupaten sehat/banyuwangikab.go.id (Hariyadi)

KABAR RAKYAT,BanyuwangiDinilai banyak memberikan kontribusi dan komitmen besar terhadaptujuan pembangunan kesehatan. Banyuwangi kembali menjadi nominasi penerima penghargaan pemerintah sebagai Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara.

Tim verifikasi nasional kabupaten sehat turun ke Banyuwangi untuk melakukan verifikasi lapangan diterima langsung Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Lounge kantor Pemkab Banyuwangi, Senin kemarin seperti dilansir Kabar Rakyat dari banyuwangikab.go.id,Selasa (28/09/2021).

Turut mendampingi Bupati Ipuk, Asisten Administrasi Umum Choiril Ustadi, Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono, dan Ketua Forum Banyuwangi Sehat, Soekardjo. Forum Banyuwangi Sehat selama ini menjadi mitra pemkab dalam melakukan sosialisasi, pembinaan dan pendampingan masalah lingkungan sehat.

Baca Juga: Sebanyak 1020 Pelamar CPNS Banyuwangi Lulus Passing Grade Seleksi Kompetensi Dasar

Tim diketuai Trisno Subarkah dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) RI. Tim lainnya berasal dari Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bapenas, Direktorat Pengendalian Penyakit Tular Vektor Zoonotik-Kemenkes RI, dan Kementerian Koperasi (Kemenkop) RI.

Kepada Bupati Ipuk, Trisno menjelaskan bahwa verifikasi lapangan ini merupakan lanjutan bedah dokumen yang telah dikirimkan oleh daerah kepada tim. “Kami datang untuk melihat kesesuaian antara dokumen yang diajukan dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

Sekedar diketahui, pada tahun sebelumnya Banyuwangi berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara di Indonesia pada tahun 2019. Penghargaan tersebut disabet Banyuwangi karena dinilai berhasil mengoptimalkan kinerja enam dari sembilan komponen tatanan yang masuk dalam penilaian Swasti Saba Wistara

Baca Juga: Fraksi-Fraksi DPRD Banyuwangi Sampaikan PU Atas Diajukannya Raperda Perubahan APBD Tahun 2021

Komponen tersebut meliputi kawasan pemukiman dan sarpras sehat; kawasan sarana lalu lintas yang tertib, pelayanan transportasi; kawasan industri dan perkantoran sehat; kawasan pariwisata sehat. Lalu ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X