• Senin, 25 Oktober 2021

HP Xiaomi Tidak Aman, Kementrian Pertahanan Lithuania Larang Warganya Beli Produk Ponsel Asal China

- Kamis, 23 September 2021 | 09:12 WIB
Ilustrasi Hanphone (PEXELS: Patryk Kamenczak )
Ilustrasi Hanphone (PEXELS: Patryk Kamenczak )

 

KABAR RAKYAT, Internasional - Kementerian Pertahanan Lituania merekomendasikan agar konsumen menghindari membeli ponsel Cina dan menyarankan orang untuk membuang yang mereka miliki sekarang setelah laporan pemerintah menemukan bahwa perangkat tersebut memiliki kemampuan sensor bawaan.

Ponsel andalan yang dijual di Eropa oleh raksasa ponsel pintar China Xiaomi memiliki kemampuan bawaan untuk mendeteksi dan menyensor istilah seperti "Bebaskan Tibet", "Hidup kemerdekaan Taiwan" atau "gerakan demokrasi", kata badan keamanan siber yang dikelola negara Lituania pada hari Selasa, 21 September 2021

Kemampuan dalam perangkat lunak ponsel Xiaomi Mi 10T 5G telah dimatikan untuk "wilayah Uni Eropa", tetapi dapat dihidupkan dari jarak jauh kapan saja, kata Pusat Keamanan Siber Nasional Kementerian Pertahanan dalam laporan tersebut.

Baca Juga: Highlights AC Milan vs Venezia, Pemain Pengganti Theo Hernandez Jadi Pahlawan Kemenangan

Wakil Menteri Pertahanan Margiris Abukevicius mengatakan, "Rekomendasi kami adalah untuk tidak membeli ponsel China yang baru, dan membuang ponsel yang sudah dibeli secepat mungkin," ucapnya dilansir dari Gadget360 pada 22 September 2021.

Hubungan antara Lithuania dan China telah memburuk baru-baru ini. China bulan lalu menuntut agar Lithuania menarik duta besarnya di Beijing dan mengatakan akan memanggil kembali utusannya ke Vilnius setelah Taiwan mengumumkan bahwa misinya di Lithuania akan disebut Kantor Perwakilan Taiwan.

Misi Taiwan di Eropa dan Amerika Serikat menggunakan nama kota Taipei, menghindari referensi ke pulau itu sendiri, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

Baca Juga: Ramalan Cinta Zodiak Besok 23 September 2021: Aries, Gemini, Taurus dan Cancer

Penasihat keamanan nasional Presiden AS Joe Biden Jake Sullivan berbicara dengan Perdana Menteri Lituania Ingrida Simonyte pekan lalu dan menekankan dukungan untuk negaranya dalam menghadapi tekanan dari China.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Reuters, Gadget360

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X