• Rabu, 27 Oktober 2021

Jadwal Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021 di Banyuwangi Belum Jelas

- Rabu, 22 September 2021 | 07:20 WIB
Sekretatis Daerah (Sekda) Banyuwangi, Mujiono (Hariyadi)
Sekretatis Daerah (Sekda) Banyuwangi, Mujiono (Hariyadi)

KABAR RAKYAT, BanyuwangiJadwal  Pelaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Banyuwangi belum jelas kapan akan dilakukan. Hal tersebut seiring dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penundaan jadwal pelaksanaan Pilkades serentak itu diberlakukan hingga waktu yang belum ditentukan atas dasar surat dari Kementerian Dalam Negeri RI No. 141/3170/BPD tentang penundaan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentan dan pemilihan antar waktu se Jawa-Bali.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi hingga kini juga belum menerima pemberitahuan ataupun surat edaran susulan terkait pelaksanaan Pilkades dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Baca Juga: Antisipasi Penyakit Rabies,Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi Gelar vaksin Gratis Hewan Peliharaan

Kendati demikian Pemkab Banyuwangi menyatakan siap menggelar Pilkades, karena seluruh tahapan telah dilakukan dan  anggarannya telah siap.

"Untuk anggaran, peserta, persiapan di desa dan lain sebagainya kita sudah siap, tinggal menunggu pemberitahuan dari pemerintah pusat," ucap Sekretatis Daerah (Sekda) Banyuwangi, Mujiono, Selasa (21/09/2021) kemarin di gedung DPRD.

Baca Juga: WhatsApp Lakukan Uji Coba Fitur yang Dapat Melaporkan Pesan Tertentu Seperti Spam

Pelaksanaan Pilkades di Banyuwangi, kata Mujiono, sedianya digelar pada 11 Agustus 2021. Namun karena masih masa pandemi dan penerapan PPKM, pelaksanaan Pilkades terpaksa ditunda.

"Sesuai jadwal harusnya sudah digelar satu bulan lalu, mungkin saat ini sudah ada penetapan pemenangnya jika tak ada penundaan," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X