• Rabu, 27 Oktober 2021

Pemerintah Jember Siapkan Perda Sampah juga Kembangkan Bank Sampah

- Sabtu, 18 September 2021 | 19:41 WIB
Ilustrasi sampah (PIXABAY/Carva)
Ilustrasi sampah (PIXABAY/Carva)

KABAR RAKYAT, JEMBER - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jember sedang menyiapkan peraturan daerah (Perda) Sampah untuk mengatur regulasi terkait dengan sampah, termasuk phunismen dan reward tentang sampah.

"Kalau sudah ada Perda Sampah, akan menjadi pijakan bagaimana mengelola sampah yang lebih baik", kata Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat hadir acara Aksi Bersih Se Dunia atau World Clean Up Day di TPA Pakusari, Sabtu (18/9/2021).

Menurut Hendy, di Jember saat ini sudah ada 180 komunitas penggiat sampah untuk mengharapkan Jember bersih. Anggotanya menpai 6000 orang lebh. Itupun belum termasuk teman-teman dari TNI-Polri.

"Kalau digabungkan semua lebih dari 10.000 se Jember", tambahnya.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Memutuskan Untuk Berhenti Meminum Kopi

Dia mengaku bangga atas partisipasi banyak pihak peduli masalah sampah. Saat ini pihaknya juga sedang konsen untuk menyiapkan Perda Sampah. Targetnya Perda ini akan bisa diselesaikan tahun ini juga.

Dengan adanya Perda Sampah ini nanti akan ada pegangan bagaimana untuk membuat kebijakan. Sampai saat ini, jelas bupati, Jember masih belum bebas sampah.

Buktinya, masih banyak masyarakat yang seenaknya saja membuang sampah dimana-mana, seperti di sungai. "Kalau sudah ada Perda Sampah, semuanya akan diatur", tegasnya.

Baca Juga: Kunjungi Desa Tamansari, Menparekraf Sandiaga Uno Yakin Wisata Banyuwangi Bangkit

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X