• Rabu, 27 Oktober 2021

Inilah Designer Replika Moge Raksasa dari Limbah Ban

- Sabtu, 18 September 2021 | 19:04 WIB
Bupati Jember, Hendy Suswanto ketika mengikuti bersih bersih Sampah di Pakusari kemarin. (Istimewa/kabarrakyat)
Bupati Jember, Hendy Suswanto ketika mengikuti bersih bersih Sampah di Pakusari kemarin. (Istimewa/kabarrakyat)

KABAR RAKYAT, JEMBER - Mohammad Masbut, Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pakusari ternyata memiliki tangan yang luar biasa berbakat. Ia sendiri yang mendesign replika Raksasa Moge berbahan dasar ban dan besi bekas.

Tidak salah Bupati Jember Hendy Siswanto menempatkan dia di sana. Bersama dengan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ir. Eko Heru Sunarso, M.Si, UPT itu sulap menjadi Tempat Wisata Edukasi.

Masbut sapaan Kepala UPT TPA Pakusari itu menjelaskan proses pembuatan Replika Raksasa yang berdiri gagah di sisi timur laut zona hijau (green zona) TPA.

Bahan utamanya adalah ban bekas dan besi bekas. Untuk replika sebesar 2X6 meter itu dibutuhkan 70 hingga 80 ban bekas sepeda motor. Sedangkan roda Moge diambilkan dari ban bekas slider (kendaraan milik UPT TPA) yang sudah afkir.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini yang Akan Terjadi Jika Anda Memutuskan Untuk Berhenti Meminum Kopi

"Saya membuat Moge itu selama kurang lebih seminggu," katanya kepada awak media, Sabtu, (18/9/2021).

Ide dasarnya adalah pemanfaatan limbah ban bekas yang sulit diurai. Tetapi siapa sangka, ban bekas ketika di tangan seorang kreator dapat menjadi Replika Moge yang bagus.

Sebelumnya Masbut juga membuat replika dinosaurus berbahan ban dan besi bekas. Ukurannya lebih besar dari Replika Moge dan di taruh di sisi selatan zona hijau (green zona).

Baca Juga: KAI Buka Lowongan Kerja Untuk Berbagai Formasi

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X