• Jumat, 22 Oktober 2021

Menjaga Imunitas Tubuh Saat Musim Hujan

- Sabtu, 18 September 2021 | 08:41 WIB
Ilustrasi hujan/kemenkes.go.id (Hariyadi)
Ilustrasi hujan/kemenkes.go.id (Hariyadi)

KABAR RAKYAT,Kesehatan - Musim hujan akan segera tiba, kita perlu waspada karena perubahan suhu yang esktrim dapat membuat imunitas tubuh menurun dan  lebih rentan terkena berbagai penyakit.  Selain itu, saat musim hujan menjadi kesempatan bagi mikroorganisme penyebab penyakit menyerang manusia.

Maka sistem imun merupakan hal pertama yang harus diperhatikan untuk menolak serangan mikroorganisme penyebab penyakit kedalam tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh pada musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun, karena segudang aktivitas, kita kerap lupa terhadap masalah kesehatan.

Berikut beberapa tips yang kita rangkum dari berbagai sumber, agar tubuh tetap sehat dan bugar saat musim hujan.

Baca Juga: Awas Menangis Karena Mantan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Para Ilmuwan Ungkap Hal Ini

Menjaga Pola Makan,

Asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Seseorang yang kekurangan nutrisi berisiko terkena penyakit infeksi karena pada keadaan kurang gizi daya tahan tubuh seseorang menurun, sehingga kuman penyakit lebih mudah masuk dan berkembang.

Untuk memenuhi agar zat gizi kita tercukupi maka harus memperhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan. Kelima kelompok pangan tersebut adalah makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman. Mengonsumsi lebih dari satu jenis untuk setiap kelompok makanan (makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan) setiap kali makan akan lebih baik.

Frekuensi makan perhari harus tetap diperhatikan, yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Yang harus diprioritaskan adalah sarapan, berdasarkan pedoman gizi Kementerian Kesehatan RI, sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sakit Migrain, Kapan Anda Perlu Menemui Dokter Umum

Minggu, 10 Oktober 2021 | 11:40 WIB
X