• Jumat, 22 Oktober 2021

PLN Jamin Pasokan untuk Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Asia Tenggara Lancar

- Jumat, 17 September 2021 | 05:25 WIB
Presiden RI Jokowi hadir groundbreaking pembangunan pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia (PLN for kabarrakyat)
Presiden RI Jokowi hadir groundbreaking pembangunan pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia (PLN for kabarrakyat)

KABAR RAKYAT, JAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyediakan keandalan pasokan daya listrik ke KHML Battery Indonesia, pabrik baterai mobil listrik di Indonesia, pertama di Asia Tenggara.

Babak baru hilirisasi industri baterai dan mobil listrik ditandai peletakan batu pertama pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Karawang. Merupakan realisasi investasi konsorsium LG dan Hyundai (HKML Battery Indonesia).

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia. Bahkan pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi USD 1,1 miliar," ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan komitmen Indonesia dalam dukungan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik.

Baca Juga: Jawa Timur Zona Kuning, Peta Angka Positif Covid-19 Terendah Se Indonesia

Untuk itu, Presiden Jokowi berpesan hilirasi industri baterai dan mobil listrik dapat dibangun dengan kolaborasi yang tidak hanya melibatkan perusahaan besar dan BUMN, tetapi juga melibatkan pengusaha mikro dan menengah.

Dirut PLN Zulkifli Zaini mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi fasilitasi percepatan realisasi relokasi dan diversifikasi investasi Perusahaan ke Indonesia, maka PLN berkomitmen siap menjamin penyediaan suplai daya listrik secara berkelanjutan, aman, dan stabil sesuai timeline dan kebutuhan investasi.

"PLN mendukung investasi jangka panjang HKML Battery Indonesia, dimulai pembangunan Tahap pertama September 2021 dan beroperasi tahun 2022, dilanjutkan Tahap kedua 2026, PLN siap penuhi kebutuhan listriknya," ujar Zulkifli, juga tambahkan PLN menyiapkan sejumlah gardu induk.Baca Juga: Dampak Pendemi Covid-19, Ratusan Siswa di Banyuwangi Terpaksa Putus Sekolah

PLN juga telah melakukan pembahasan perjanjian kerja sama dengan Kawasan Industri Karawang New Industy City (KNIC), sebagai lokasi pabrik HKML Battery Indonesia.***

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Kemenag, Begini Caranya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB
X