• Rabu, 27 Oktober 2021

Masyarakat Diminta Waspada, Beredar Situs Palsu PeduliLindungi

- Sabtu, 11 September 2021 | 10:21 WIB
Informasi peringatan situs palsu PeduliLindungi/covid-19.go.id (Istimewa / Kominfo)
Informasi peringatan situs palsu PeduliLindungi/covid-19.go.id (Istimewa / Kominfo)

KABAR RAKYAT, Jakarta - Masyarakat diminta untuk waspada dengan beredarnya situs palsu yang mencatut PeduliLindungi di tautan https://www.pedulilindungia.com/.

Tampilan situs dibuat sama dengan tampilan situs resmi PeduliLindungi. Selain tampilan yang sama situs ini juga memuat laman untuk memasukkan data penguna dan informasi terkait dengan vaksinasi Covid-19. Dan terdapat pula sebuah informasi dengan nomor rekening Bank BCA atas nama NURMAINA.

Faktanya kabar tersebut tidak benar.

Baca Juga: Bukan Hanya Untuk Unduh Sertifikat Vaksin, Ada Manfaat Lain di Aplikasi PeduliLindungi

Berikut penjelasan Kominfo RI mengenai situs pedulilindungia.com seperti dilansir Kabar Rakyat dari kominfo.go.id, Sabtu (11/09/2021)

 Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan COVID-19. Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun. 

 Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id.

Baca Juga: Beberapa Cara Pengaturan Privasi di Facebook Agar Informasi Pribadi Anda Aman

 Pemerintah menggunakan Aplikasi Pedulilindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) beserta perubahannya.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kominfo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Kemenag, Begini Caranya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB
X