• Sabtu, 4 Desember 2021

Forum Anak Jember Usulkan Tiga Sektor 'Jember Layak Anak' Masuk RPJMD 2021-2026

- Jumat, 3 September 2021 | 22:01 WIB
Ketua Forum Anak Jember Nadia Anggita dan Wakil Nafisyah Kisma Kamila  (Dok Pribadi/Kava)
Ketua Forum Anak Jember Nadia Anggita dan Wakil Nafisyah Kisma Kamila (Dok Pribadi/Kava)

KABAR RAKYAT, Jember - Tiga sektor penting diusulkan Forum Anak Jember (FAJ) dalam kesempatan acara 'Dengar Pendapat Umum Pansus Pembahas Rencana Panjang Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tahun 2021-2026' digelar pada, hari Jumat, 3 September 2021.

Pantauan Kabar Rakyat diacara tersebut, tiga sektor penting usulan FAJ dalam RPJMD DPRD Jember, yaitu, - Pendidikan dan Kebudayaan, - Kesehatan, dan - Kelembagaan.

Ketua Forum Anak Jember Nadia Anggita didampingi Wakilnya, Nafisyah Kisma Kamila menjelaskan secara detai usulan FAJ untuk anak-anak di Kabupaten Jember dan sebagai penentu Kabupaten Jember Layak Anak. Berikut tiga sektor usulan FAJ;

Sektor Pendidikan dan Kebudayaan, antara lain;

Baca Juga: Review Singkat Spesifikasi Smartphone Xiaomi Mi 11 Ultra, Mulai Chipset, Kamera dan Speaker

  1. Memberikan perhatian terhadap mental anak terkait sekolah tatap muka. 'Usulan ini sudah berdasarkan hasil riset di desa'
  2. Memperhatikan efektivitas pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Alasannya, siswa yang bertatap muka langsung lebih diperhatikan dari pada yang daring.
  3. Pemerintah Jember untuk melakukan pemerataan fasilitas pendidikan untuk sekolah daring. Contoh, pemberian dan perbaikan internet dan WiFi. Alasannya, karena ada ketimpangan fasilitas sekolah di kota dan desa.
  4. Meminimalkan angka putus sekolah dengan mengoptimalkan wajib belajar di sekolah.
  5. Mendorong dan meningkatkan satuan pendidikan ramah anak, antara lain meningkatkan fasilitas pendidikan ramah anak. FAJ diantara Siswa Kelas 1 SMAN 1 Jember ini, menyebutkan, seperti perjalanan menuju sekolah dan website ramah anak, mengembalikan fungsi trotoar penyandang disabilitas untuk pejalan kaki. "Sebab selama ini trotoar banyak di pakai Pedagang Kaki Lima (PKL)".
  6. Meningkatkan minat literasi pada anak  dan memaksimalkan lembaga masyarakat yang bergerak di bidang literasi. FAJ menilai terjadi penurunan pada tingkat literasi anak di Jember, terlebih pandemi yang berbasis teknologi.
  7. Memperhatikan penyandang anak tuna aksara.
  8. Menghentikan tindakan bullying dan pergaulan bebas di sekolah dan luar sekolah.
  9. Pengoptimalan terkait penyebaran PIP dan KIP di Masyarakat Desa. Menurut FAJ, pelaksanaan PIP dan KIP di Jember kurang adil, cenderung salah sasaran. Anak yang seharusnya mendapatkan justru tidak mendapatkan dan sebaliknya.
  10. Pengoptimalan Pusat Pelayanan Terpadu dan Peradilan Pidana Anak. Alasan FAJ, supaya anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

Sektor Kesehatan (dua poin usulan)

Baca Juga: Mahasiswa KKN UNEJ Ajarkan Proses Pembuatan Ekstrak Kunyit Putih sebagai Suplemen Herbal Kepada Masyarakat

  1. Pemberian gizi pada anak
  2. Vaksinasi pada anak

"Memperhatikan pemberian gizi pada anak dan vaksinasi pada anak", tegas Nadia siswa asal muktisari itu. Forum Anak Jember yang sudah berdiri sejak  tahun 2012 itu, Nadia mohon untuk Vaksinasi di Desa untuk mudah di akses.

Sektor kelembagaan (tiga poin usulan)

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas Menatap Indonesia, Butuh Volunteer Baru

Selasa, 2 November 2021 | 19:46 WIB

5 Mahasiswa Baru UNEJ 2021 Masih berusia 16 Tahun

Minggu, 19 September 2021 | 17:31 WIB

BEM UNIBA Gandeng Polresta Gelar Vaksinasi Mahasiswa

Jumat, 17 September 2021 | 05:10 WIB
X