• Kamis, 2 Desember 2021

Mahasiswa KKN UNEJ Ajarkan Proses Pembuatan Ekstrak Kunyit Putih sebagai Suplemen Herbal Kepada Masyarakat

- Jumat, 3 September 2021 | 06:14 WIB
Narasumber KKN UNEJ  (Koleksi Pribadi for Kabar Rakyat)
Narasumber KKN UNEJ (Koleksi Pribadi for Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT, NEWS - Di masa Pandemi ini Universitas Jember (UNEJ) tidak pernah patah semangat untuk tetap melakukan Tridarma Perguruan Tinggi salah satunya adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

KKN Back to Village (BTV) merupakan model rancangan baru yang dirumuskan untuk kegiatan KKN di masa pandemi ini. selama masa pandemi ini UNEJ telah melaksanakan KKN BTV 3 periode, untuk penerjunan mahasiswa KKN BTV 3 dilakukan pada 11 Agustus 2021 secara daring. 

KKN BTV 3 terbagi menjadi beberapa kelompok salah satunya adalah dengan DPL bapak Ir.Sundahri, PGDip.Agr.Sc.,M.P. Salah satu mahasiswa dari kelompok 15 adalah penulis yang melakukan kegiatan KKN di Desa Sumber Malang Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: 5 Kunci Media Massa Supaya Tetap Bertahan Hidup di Era Disrupsi, Begini Kata Agus Sudibyo

Grand tema yang diangkat penulis adalah 'Desa Sehat secara Alamiah di Masa Pandemi'. Salah satu inovasi teknologi adalah menciptakan suplemen herbal yang dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi ini.  

Masyarakat Desa Sumber Malang mayoritas bekerja sebagai petani, pengrajin besek, peternak, dan lain-lain. Desa Sumber Malang dikelilingi oleh beberapa perbukitan yang dimanfaatkan masyarakat sebagai ladang. Di sekitar ladang banyak sekali tumbuh tanaman obat-obatan, seperti: kunyit putih, temu lawak, kunyit, jahe, dan lain-lain.

Kunyit putih merupakan salah satu jenis tanaman obat yang paling banyak tumbuh di sana, akan tetapi kurang dimanfaatkan secara maksimal. 

Baca Juga: Fraksi PKB Dukung Bupati Salwa Pertahankan Kesepakatan Tapal Batas Kawah Ijen

Dimasa pandemi saat ini, diharus menjaga imunitas tubuh sebagai benteng diri kita dari serangan virus utamanya virus korona. Sebab Virus korona sangat mudah menyerang tubuh yang memiliki tingkat imunitas rendah. Salah satu upaya yang dapat di lakukan untuk menjaga imunitas tubuh ialah dengan mengkonsumsi suplemen.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas Menatap Indonesia, Butuh Volunteer Baru

Selasa, 2 November 2021 | 19:46 WIB

5 Mahasiswa Baru UNEJ 2021 Masih berusia 16 Tahun

Minggu, 19 September 2021 | 17:31 WIB

BEM UNIBA Gandeng Polresta Gelar Vaksinasi Mahasiswa

Jumat, 17 September 2021 | 05:10 WIB
X