• Senin, 25 Oktober 2021

Aliansi Mahasiswa Sampang Anggap Penundaan Pilkades 2025 Cederai Demokrasi

- Kamis, 2 September 2021 | 15:45 WIB
Demo Aliansi Mahasiswa Sampang demo di Gedung DPRD (1/9/2021) (Jamaluddin/Kabar Rakyat)
Demo Aliansi Mahasiswa Sampang demo di Gedung DPRD (1/9/2021) (Jamaluddin/Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT, Sampang - Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Sampang (AMS) mendatangi gedung wakil rakyat, DPRD Sampang, Madura, pada 1 September 2021.

Para mahasiswa dari AMS ini bertujuan untuk menyoal penundaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sampang yang sudah ditetapkan akan digelar tahun 2025, mendatang.

Mereka, mahasiswa menanggap penundaan Pilkades Serentak Sampai Tahun 2025 mencederai demokrasi dan tidak melihat kepada aspek sosial hingga menimbulkan gejolak di masyarakat.

Koordinator aksi mahasiswa, AMS bernama Iswanto mengatakan dalam tuntutannya agar DPRD Sampang melakukan perubahan dan penyesuaian hirarki Peraturan Daerah Kabupaten Sampang Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Baca Juga: PLN 'Belanja' Produk Dalam Negeri Rp1,56 Triliun di Proyek Kelistrikan Kalimantan Barat

Baca Juga: Pesan Narasumber Kepada Peserta Pelatihan Jurnalistik Dewan Pers di Banyuwangi

"Kami Mahasiswa Sampang menuntut DPRD Sampang untuk menggunakan hak dan fungsinya menolak secara kelenbagaan terakait Surat Keputusan Bupati Sampang Nomor:188.45/272/KEP/434.013/2021 Tentang Pelakasanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Pada Tahun 2025 di Kabupaten Sampang untuk dijadikan pertimbangan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022/2023," katanya saat membcakan tuntutannya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sampang Moh Fadol saat menemui Mahsiswa Menyampaikan pihaknya Tidak bisa langsung menyetujui tuntutan Mahasiswa, "kita ada tata cara kerjanya,jadi perlu di bahas ulang nanti bersama Anggota DPRD," ucap Moh Fadol.

Namun, dirinya saat di cecar dengan pertanyaan oleh Mahasiswa, Moh Fadol mengungkapkan akan mengundang mahasiswa untuk membahas Perda Penundaan Pilkades Hingga Tahun 2025 di DPRD Sampang.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X