• Selasa, 7 Desember 2021

Menyapa Petugas Sosial Masyarakat, Pendamping ODGJ 'Orang Gangguan Jiwa'

- Rabu, 1 September 2021 | 05:53 WIB
Penyuluh Sosial Masyarakat bersama Babinsa (Jaenudin/Kabar Rakyat)
Penyuluh Sosial Masyarakat bersama Babinsa (Jaenudin/Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT, Banyuwangi - Bentuk dari pemenuhan hak asasi manusia, pemerintah tidak tinggal diam pada warga masyarakat yang berkelainan khusus. Misalkan saja, Orang Dalam Gangguan Jiwa atau ODGJ, yang mendapat perhatian khusus oleh Petugas Penyuluh Sosial Masyarakat (Pansosmas), dari Dinas Sosial.

Om Sarimuda, sapaan akrab, Petugas Pensosmas di Kecamatan Cluring mengatakan sesuai tugas pokok dan fungsinya akan terus melaksanakan pendampingan dan penyuluhan kepada para ODGJ.

Dirinya tidak beraktifitas sendiri, melainkan bareng-bareng dengan petugas aparatur di pemerintah desa, baik Babinsa dan perangkat Pemerintah Desa.

"Kami (hari ini) mendampingi seorang ODGJ bernama M. Ikhwan Khoironi umur 29 tahun, status bujang warga Rumpoing, Plampangrejo. Dia sudah lama ditinggal kedua orang tuanya (meninggal) 4 tahun lamanya," kata Sarimuda, pegiat sosial, Petugas Pensosmas, pada 31 Agustus 2021.

Baca Juga: Heboh Penemuan Tengkorak Manusia di Hutan Cagar Alam Kawah Ijen, Banyuwangi

Baca Juga: Disenggol Mobil Suzuki APV plat Bali Seorang Pejalan Kaki Muntah Terus

Sisi lain ODGJ, Ikhwan ini, sebut Sarimuda, punya saudara tapi beda ayah tinggal di luar pula Jawa.

"Dulu dia bekerja Pangkas Rambut. Dia ini ternyata punya bakat terpendam olahraga sepak bola. Yang bersangkutan masuk data DTKS di Desa serta KIS dan KKS. Tapi karena lama tidak dipakai akhirnya terblokir," ungkap Sarimuda.

Ikhwan ini, kata Petugas Pensosmas, sering marah-marah sendiri dan marah pada warga setempat. Bahkan ada yang dipukuli. "Maka itu, sebagai pendamping dan penyuluh sosialnya wajib hadir dan memotifasi edukasi dan komunikasi dengan baik, agar bebannya berkurang", ungkap Sarimuda.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana Erupsi Semeru

Senin, 6 Desember 2021 | 18:41 WIB
X