• Selasa, 7 Desember 2021

Penyebaran Covid-19 di Jawa Timur Berhasil Ditekan, Semua Kompak Kerja Bersama

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 19:25 WIB
Design grafis  (Humas Prov Jatim)
Design grafis (Humas Prov Jatim)

Gubernur Khofifah: Tetap Disiplin Protkes, Jangan Lengah Apresiasi Kolaborasi Pemprov, Kodam V Brawijaya, Polda Jatim, dan Nakes di Jatim

KABAR RAKYAT, Surabaya - Berbagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Jatim terus dilakukan semua pihak, baik Pemprov, Kodam V Brawijaya, Polda Jatim, Pemkab dan Pemkot se Jatim serta seluruh tenaga kesehatan.

Berdasarkan data yang ada tracing ratio Covid-19 di Jatim meningkat 880 persen dari yang sebelumnya mencapai 1,17 menjadi 10,32 selama Bulan Agustus 2021. Artinya, setiap satu kasus terdeteksi, 10 kontak erat sudah dilakukan isolasi maupun testing.

Capaian ini, bahkan juga berdampak signifikan terhadap penyebaran kasus di Jatim. Sehingga, angka zona merah di Jatim yang pada awal Agustus tercatat 34 kabupaten-kota, saat ini menjadi 4 kabupaten-kota saja.

Yakni, Kab. Ponorogo, Kab. Nganjuk, Kota Batu dan Kab. Blitar. Sementara sesuai inmendagri nomor 38 yang terbit pada tanggal 30 Agustus 2021, PPKM Level 2 tercatat 6 Kabupaten-Kota yaitu; Tuban, Sumenep, Pamekasan, Sampang serta Kabupaten dan Kota Pasuruan.

Baca Juga: Pemprov Jatim Salurkan Program Jaring Pengaman Sosial Kepada 5.000 Warga Banyuwangi

Sementara Level 3 tercatat 23 Kabupaten yaitu; Kabupaten Kediri, Jombang, Bondowoso, Banyuwangi, Probolinggo, Nganjuk, Mojokerto, Malang , Lamongan, Jember, Gresik, Bojonegiro dan Bangkalan.

Sedangkan Level 4 saat ini di 9 daerah, 5 Kabupaten yaitu kabupaten Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Lumajang serta Blitar. Sementara 4 Kota level 4 yaitu Kota Probolinggo, Madiun, Kediri dan Blitar.

"Selama Agustus tracing ratio Jatim naik hingga 880 persen. Dengan tracing masif dan kenaikan ratio ini, penyebaran kasus Covid-19 di Jatim dapat ditekan dan zona merah sudah menurun 4 kota/kabupaten sementara level 2 naik, level 3 naik dan level 4 turun," terang Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Grahadi Surabaya, Selasa (31/8).

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X