Polresta Banyuwangi Dorong Masyarakat Aktif Jaga Keamanan dan Ketertiban Lingkungan

- Minggu, 4 Juni 2023 | 11:04 WIB
Wabup Sugirah dan Wakapolresta Banyuwangi saat meninjau lomba pos kamling/Polresta Banyuwangi
Wabup Sugirah dan Wakapolresta Banyuwangi saat meninjau lomba pos kamling/Polresta Banyuwangi

KABAR RAKYAT - Polresta Banyuwangi mendorong peran aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Hal itu disampaikan Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan saat meninjau penilaian lomba Satkamling di Lingkungan Kampungbaru RT 01 RW 01, Kelurahan Tamanbaru, Banyuwangi, Sabtu (3/6/2023) malam.

"Kami mendorong kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi Kamtibmas melalui kegiatan Satkamling," kata Dewa.

Baca Juga: Warga Desa Gladag Banyuwangi Ditangkap Sekelompok Orang Tak Dikenal, Diduga Dari Densus 88 Anti Teror Polri

Menurutnya, Satkamling memiliki peran di lingkungan masyarakat. Selain sebagai tempat menjaga keamanan lingkungan, juga menjadi sarana para warga berkumpul untuk saling bertukar informasi.

"Keberadaan Satkamling di masing-masing lingkungan ini sangat membantu, sebab keamanan merupakan kesepakatan dari semua pihak," ujarnya.

Lomba Satkamling yang diadakan Polresta Banyuwangi ini diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa.

Dia menambahkan, Polri sejauh ini telah menggalakkan Polisi RW, kemudian masyarakat juga dimotivasi lewat kegiatan Satkamling.

Baca Juga: Libatkan 700 UMKM Lokal dengan Nilai Transaksi Rp 127 Miliar, Banyuwangi Raih E-Purchasing Award Jatim 2023

"Kami berharap, dengan sistem yang sudah ada ini, keamanan bisa terjamin. Agar situasi Kamtibmas dan kondusivitas di Banyuwangi bisa terwujud. Sehingga tidak ada kerawanan-kerawanan kriminalitas maupun kejahatan lainnya. Misalkan ada orang asing tak dikenal harus segera dideteksi, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah mengapresiasi lomba Satkamling yang diadakan oleh aparat kepolisian tersebut.

"Satkamling ini sangat penting untuk keamanan lingkungan. Kalau di lingkungan aman, saya jamin Banyuwangi juga akan aman," kata Sugirah.

Sugirah menambahkan, menjaga keamanan ini merupakan tanggung jawab bersama. Tak hanya TNI/Polri saja, tapi juga peran aktif masyarakat.***

 

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Review Produk Cozylila Brand perlengkapan Tidur Terbaik

Jumat, 29 September 2023 | 16:56 WIB
X