• Sabtu, 15 Mei 2021

Bangunan Embung Kalicokol Sembulung ‘Ambrol Dua Kali’

- Minggu, 3 Maret 2019 | 10:48 WIB
Foto: Bangunan APBD 2018 Embung Kalicokol diperbaiki warga petani sembulung dengan gotong royong (Jaenudin)

“Warga petani di Sembulung gotong royong, agar kerusakan tidak meluas”


KABARRAKYAT.ID – Belum genap satu tahun, bangunan embung Kalicokol di Dusun Tempursari, Desa Sembulung, Kecamatan Cluring, Banyuwangi sudah dua kali rusak. Padahal bangunan untuk menunjang kemajuan pertanian itu telah menghabiskan biaya kurang lebih Rp. 180 juta dari APBD 2018.

Agar kerusakan tidak semakin meluas, puluhan warga petani tergabung di Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) setempat, dibantu pemerintahan desa Sembulung terpaksa memperbaiki kerusakan bangunan Kalicokol.

Jumangin, Ketua HIPPA Sembulung mengatakan pembangunan embung Kalicokol masih baru seumur jagung. Dikerjakan tahun 2018 lewat kontraktual sistem penunjukan langsung di pos anggaran DPU Pengairan Banyuwangi.

“Nilai proyeknya Rp. 180 juta, baru kena hujan sebentar sudah rusak. Yang mengerjakan cv dari Banyuwangi,” kata Jumangin saat ditanya kabarrakyat, (2/3/2019).

Dijelaskan, dua kali proyek ini ambrol. Pertama baru beberapa bulan jembatan plat deker ambrol dan jarak beberapa bulan lagi, plengsengan embung juga ambrol.

-
Foto: Warga petani tergabung HIPPA Sembulung gotong royong. (Jaenudin)

“Jadi dua kali ambrol bangunan embung kali Cokol tersebut,” beber Jumangin.

Berkat inisiatif Pemerintah Desa Sembulung dengan HIPPA akhirnya disepakat untuk memperbaiki plengsengan yang ambrol dan juga menguruk plat deker seadanya. Agar kendaraan pengangkut hasil panen petani bisa  melintas,” ungkapnya.

Kepala Dusun Tempursari Sholeh menyampaikan memang benar pembenahan plengsengan jembatan Ambrol dan menambah pondasi jembatan plat deker, dilakukan. Karena pada bulan yang  lalu pembangunan Embung Kalicokol hanya seumur jagung sudah rusak.

“Ada beberapa bagian dikerjakan secara gotong royong bersama seluruh elemen di Sembulung,” pungkasnya.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X