• Minggu, 1 Agustus 2021

Ini Jawaban Kades Karangsari Soal Biaya Program PTSL 

- Rabu, 27 Februari 2019 | 06:28 WIB
Foto: H. Sholeh Kades Karangsari Sempu (Jaenudin)

Tak Mau Tersangkut Hukum


KABARRAKYAT.ID - Soal rumor atau kenyataan, tentang kabar, ada Pemdes dan Panitia PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) membiarkan dan menarik dana berlebih pada para pemohon program agraria diluar keputusan SKB 3 (tiga) menteri dan diperkuat Perbup. Membuat was-was sejumlah desa penerima atau yang mengajukan program tersebut.

Salah satunya, diungkapkan oleh H. Sholeh Kepala Desa Karangsari Kecamatan Sempu, Banyuwangi ditemui kabarrakyat.id dikantornya, Selasa (26/2/2019).

Alasan yang mendasar adalah, takut bermasalah dengan hukum pada program PTSL tahun 2018 diterima Desa Karangsari.

"Mencari yang lebih aman pedomannya melalui Surat Tiga Menteri (SKB) dan Perbub PTSL Bupati Banyuwang," ungkal H. Sholeh.

Kebijakan yang di ambil oleh pemerintah Desa karangsari yang di kelola oleh Pokmas PTSL, bahwa program PTSL harus sesuai surat aturan yang ada.

"Biaya yang dibebankan kepada masyarakat hanya Rp. 150.000. Satu bidang tanah," ungkapnya.

"Jadi panitia program PTSL Desa Karangsari tahun 2018 tetap mengikuti aturan yang sudah ada aja," tegas Kades Karangsari yang dikenal ramah itu.

Kuota dari BPN untuk Program PTSL 2018 untuk Desa Karangsari ini menerima 1.200 bidang tanah. Penyerahan sertifikat para pemohon akan diserahkan tahun 2019 ini, melalui tiga tahap penyerahan.

Penyerahan sertifikat tanah tahab Pertama sebanyak 370 sertifikat tanah dan penyerahan sertifikat tanah tahab kedua sebanyak 500 sertifikat tanah.

Dengan sisanya yang masih dalam proses di BPN Kabupaten Banyuwangi segera cepat diselesaikan agar masyarakat tidak bertanya tanya terus ke pemerintahan Desa Karangsari.

"Oleh sebab itu, mengharapkan kepada BPN pada bulan ini sertifikat harus selesai semua," pungkas.

Reporter: Din/Jaenudin

Editor: Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

Waspadai 'Pihak' yang Memanfaatkan Isu Ijen

Sabtu, 24 Juli 2021 | 00:24 WIB
X