• Selasa, 11 Mei 2021

Udara di Tempusari Sumbulung Tercemar Bau Sampah

- Senin, 25 Februari 2019 | 23:29 WIB
ilustrasi sampah

KABARRAKYAT.ID – Masih dalam Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, puluhan orang berswadaya dengan kerja bakti membersihkan sampah ditanah kosong dekat Jembatan ABRI di Dusun Tempusari Desa Sembulung Kecamatan Cluring, Banyuwangi, pada Senin (25/2/2019).

Persoalan sampah, kata Nurudin (40), sudah sejak tahun 2016, sangat mengganggu lingkungan setempat. Bau tidak sedap, jadi keseharian mereka. Tapi bukan berarti diam saja. Apalagi kawasan itu, adalah lokasi pembuangan sampah.

“Namanya mengeluh sudah berkali-kali. Baunya busuk, terlebih pada musim hujan. Sudah pasti kondisi saat ini sangat tidak nyaman,” ungkap Nurudin.

Diungkapkan pula, Nurudin tinggal dekat pembuangan sampah itu sudah turun temurun sejak leluhurnya. “Sejak dari orang tua, kami tidak ada masalah sampah yang membuang sembarangan ini. Harapannya kami memohon pihak Desa Sembulung terutama perangkat desa untuk bertindak," tambahnya.

-
Foto: Warga terdampak limbah sampah mendoakan pada warga pembuang sampah sembarangan. (jaenudin)

Senada juga disampaikan Andy, pemuda Artesa (komunitas pemuda setempat, bahwa warga sudah berulang kali mengeluhkan tentang sampah. Yang membuang sampah bukan warga sekitar tapi warga luar membuangnya pada saat pertengahan malam.

Warga sangat menyayangkan, belum ada tindakan dari Pemerintah Desa Sembulung. Kesannya malah pemerintah tidak memperhatikan kelangsungan  hidup warga sekitarnya. Warga setempat akhirnya bertindak cepat dengan kerja bakti bersih-bersih sampah yang menumpuk.

Sayangnya, belum ada keterangan resmi dari pemerintah desa Sembulung dan pihak kecamatan Cluring terkait keluhan warga tersebut.

Reporter: Din/Jaenudin

Editor: Choiri

Tags

Terkini

X