• Sabtu, 12 Juni 2021

Faktanya, Pertanian Wilayah Ciamis Tetap Tumbuh Meski Diguncang Pandemi

- Kamis, 6 Mei 2021 | 10:03 WIB
Acara Focus Group Discussion (FGD) di Kabupaten Ciamis
Acara Focus Group Discussion (FGD) di Kabupaten Ciamis

KABAR RAKYAT - Pertanian di wilayah Ciamis Jawa Barat tetap tumbuh meskipun sektor lain terguncang dampak pandemi. Terbukti data tahun 2020, pertanian Ciamis tumbuh positif saat PDB nasional terkontraksi 2,07%.

Data BPS juga mengungkapkan, sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan pada 2020 menyumbang 14,2% terhadap struktur PDB nasional.

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian bekerjasama Pemda Ciamis menggelar Focus Group Discussion (FGD), bertajuk Sinergi Program BUMN Mendukung Inklusi Keuangan Bagi Petani Milenial, Rabu (05/05/21).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menjelaskan, Kabupaten Ciamis menjadi sasaran tepat untuk pengmabanmgan potensi petani millenial.

Baca Juga: Begini Kata Hani Pramono, Manfaat Pelayan Ragam Digital yang Dimiliki Perpustakaan Nasional

Karena Kabupaten Ciamis termasuk daerah agraris, memiliki luas wilayah yaitu 1.597,67 Km2. Penggunaan lahan didominasi oleh hutan 31,60%, perkebunan 24,745% dan luas lahan sawah 18.01% atau seluas 28.767,13 hektar.

"Dominasi mata pencaharian penduduk sebagai petani menjadikan pengembangan potensi petani millenial sangat sesuai untuk dilakukan di Ciamis. Selain daerahnya agranis dan suplai air melimpah yang ditopang dari Gunung Sawal," urai Herdiat.

Kaitannya dengan inklusi keuangan, Herdiat berpendapat inklusi keuangan bisa menjadi solusi dalam membantu meningkatkan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Ide Cemerlang Tohari Menggandeng Diskoperindag Berikan Modal Sembako Pada Pedagang kelontong

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X