• Minggu, 19 September 2021

Jaringan Petani Muda Desa Songgon Sepakat Kampanye Pupuk Organik

- Senin, 7 Juni 2021 | 10:23 WIB
Perani Songgon berkumpul di Cafe Terminal
Perani Songgon berkumpul di Cafe Terminal

KABAR RAKYAT - Para petani muda dari Komunitas Petani Desa (KPD) dari desa-desa di wilayah Songgon, Banyuwangi, sepekat membuat gerakan membumikan organik untuk keselamatan ekosystem. Itu tercetus mereka berkumpul di Cafe Terminal Songgon, Minggu (6/6/2021).

 

Tokoh KPD, Yanto Suwarto akrab disapa Pak Rising, menyampaikan para petani muda desa berangkat dari keprihatinan rusaknya kesuburan tanah akibat pemakaian pupuk non organik berlebihan dan masa yang lama membuat tanah tidak lagi maksimal ditumbuhi saat musim tanam tiba.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup se Dunia, Tanam Pohon Pucuk Merah di Sepanjang Trotoar Desa Manggungjaya

"Kita prihatin saja tanah kita dulu subur makmur , tapi hari ini akibat pupuk kimia berlebih kesuburan turun , produksi panen juga turun ditambah akibat petani kecanduan pupuk kimia kadang juga sulit didapat," ungkapnya.

 

Menuru Rising atas dasar semangat yang sama dan kebutuhan yang sama pula para petani muda sepakat menginisiasi dan mengkampanyekan kembali pada pupuk organik mandiri dikampung atau desa.

Baca Juga: Hari Lingkungan Hidup Dunia Pegiat LH dan Wisata Alam Hijaukan Kawasan Eks Banjir Badang

" Rasa peduli pertanian kita diskusi dengan teman teman petani muda bersepakat mengkampanyekan kembali kepupuk organik mandiri dengan bahan yang melimpah di desa," paparnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X