• Kamis, 2 Desember 2021

Kemendag Ajak Petani Bondowoso Pintar Manfaatkan Resi Gudang, Ini Tujuannya

- Minggu, 6 Juni 2021 | 03:05 WIB
Wamendag di Bondowoso di dampingi Wabup Irwan
Wamendag di Bondowoso di dampingi Wabup Irwan

KABAR RAKYAT - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI mendorong para petani di Kabupaten Bondowoso agar memanfaatkan sistem Resi Gudang. Karena sistem ini disebut bisa membantu petani agar tak merugi dengan beberapa fungsi yang bisa didapat, yakni keuntungan instrumen tunda jual dan akses pembiayaan bagi petani.

 

Keterangan disampaikan, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Dr Jerry Sambuaga berkesempatan meninjau Gudang Besuk Kecamatan Klabang didampingi Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, pada hari, Sabtu (5/6/2021).

Baca Juga: Hindari Motor Ngebut Pengendara Scoopy Tabrak Pick Up 'Anunya' Robek

Jerry menjabarkan, tunda jual dimaksud yakni dengan mendorong petani menyimpan komoditas petani di dalam gudang yang bisa disimpan antara 3 - 6 bulan. Karena jika di jual saat harga panen maka harga akan turun. Kondisi ini membuat petani merugi, dan memicu petani akan berhubungan dengan tengkulak.

 

"Kasihan petani. Gimana solusinya? Solusinya kita bangun SRG. Sistemasi gudang, barangnya bisa disimpan, barangnya bisa distok di situ. Nanti dijual saat harganya sudah ada kenaikan," ungkapnya.

Baca Juga: Puluhan Calon Jamaah Haji Bondowoso Tarik Ongkos ke Makkah

Adapun terkait akses pembiayaan, kata Jerry Sambuaga, petani bisa mendapatkan akses tersebut melalui resi barang yang disimpannya di gudang. Bisa diberikan ke bank, dan bank bisa memberikan pinjaman.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X