• Senin, 21 Juni 2021

Wagub Emil Ajak Notaris Pulihkan Perekonomian Jawa Timur, Begini Katanya

- Senin, 3 Mei 2021 | 21:39 WIB
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di acara seminar diselenggarakan INI Jawa Timur
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak di acara seminar diselenggarakan INI Jawa Timur

KABAR RAKYAT - Para profesional, notaris Jawa Timur diajak ikut membantu wujudkan ikhtiar Pemerintah Provinsi dalam pulihkan roda ekonomi yang berdaya saing.

Hal itu disampaikan, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, hadiri seminar bertajuk, Wasiat dan Keterangan Hak Waris, Permenkumham No. 7 Th. 2021 tentang Harta Peninggalan, di Dyandra Convention Hall Surabaya, Senin, (3/5).

Para Notaris tergabung, Ikatan Notaris Indonesia (INI) ini, diharapkan tidak sekadar menyesuaikan peraturan perundang-undangan tapi harus mampu tingkatkan profesionalisme notaris. Peran notaris di Jawa Timur, disebut Emil Dardak, harus mampu mendukung ikhtiar pemerintah membangun ekonomi yang berdaya saing.

Baca Juga: Kapolres Probolinggo Sampaikan Duka Kepergian Kopda Eta ABK KRI Nanggala 402

Apalagi, ungkap Emil, perekonomian Jawa Timur yang terbesar kedua setelah DKI Jakarta. Artinya, kegiatan-kegiatan ekonomi sangat banyak membutuhkan jasa notaris. "Kalau notarisnya profesional dan amanah, maka masyarakat tidak akan khawatir untuk melakukan investasi di Jatim," ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Emil, eksistensi notaris juga diharapkan mampu menarik iklim investasi di Jatim. Pada 2020 lalu, Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Jatim tercatat tertinggi di Indonesia.

Baca Juga: Arumi Suntik Motifasi Atlet Pelatda Jawa Timur, Begini Katanya

Tetapi, Penanaman Modal Asing (PMA) dinilai masih perlu digenjot kembali. Salah satu caranya, kata Emil, yakni memanfaatkan jejaring dari notaris-notaris di Jatim.

"Bisa klien dalam negeri atau bahkan mitra-mitra luar negeri yang memiliki hubungan dengan pengusaha dalam negeri yang bisa kita yakinkan, bahwa ekosistem melakukan usaha di Jatim sudah sangat memadai," jelasnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tak Satupun Koperasi di Jember Bubar 

Rabu, 16 Juni 2021 | 17:45 WIB
X