• Sabtu, 31 Juli 2021

Mantab, Banyuwangi Punya Aplikasi 'Bela UMKM' untuk Pemerataan Ekonomi

- Rabu, 2 Juni 2021 | 11:38 WIB
Kampung Roti Banyuwangi Antusias Sambut Program UMKM Naik Kelas ala Ipuk Fiestiandani (DOK Kabar Rakyat)
Kampung Roti Banyuwangi Antusias Sambut Program UMKM Naik Kelas ala Ipuk Fiestiandani (DOK Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT - Untuk pemerataan ekonomi, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyiapkan aplikasi 'Bela UMKM'. Masing-masing OPD (instansi), dari dinas hingga kelurahan, terpantau kebutuhan konsumsinya sehingga pengaturan belanjanya akan semakin merata.

 

”Kemarin kami sosialisasikan. Kita ingin kue belanja konsumsi ke rumah makan atau warung, termasuk UMKM, dari OPD bisa dinikmati merata oleh banyak pelaku usaha. Dengan pemerataan, banyak UMKM bisa pulih bareng-bareng,” ujar Ipuk seusai upacara Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021).

Baca Juga: Video Bupati Alor NTT Marah Karena Dugaan Politisasi PKH Viral di Medsos 

Sebelumnya, Ipuk juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) yang mengajak seluruh OPD, swasta, BUMN, dan BUMD, hingga fasilitas kesehatan untuk menggunakan produk UMKM lokal dalam setiap kegiatan mereka.

 

Ipuk menambahkan, dengan sistem 'Bela UMKM' ini, OPD berbelanja kebutuhan sesuai anggarannya di daftar UMKM yang ada, terutama untuk makanan dan minuman. Sistem ini juga bertujuan mendata UMKM yang produknya sering dipakai oleh OPD.

Baca Juga: Ganjar Semangati Drum Band SMKN 8 Surakarta Mayoritas Difabel, Tampil Apik di Harlah Pancasila

"Misalnya Dinas A belanja di satu warung, data tercatat di sistem. Untuk pemerataan, setelah belanja lima kali, ganti belanja ke warung lainnya. Jadi OPD tidak belanja di warung atau rumah makan itu-itu saja, harus gantian agar yang lain merasakan," jelas Ipuk.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Kab. Banyuwangi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X