• Sabtu, 12 Juni 2021

Bromo Cammand Center Ungkap Pelaku Dibalik Layar Digital

- Minggu, 11 Maret 2018 | 10:55 WIB
Probolinggo
Probolinggo

Kapolres AKBP Fadli Samad di unit Bromo Command Center bagian dari unit cyber crime (Ft. Richad)


KABARRAKYAT, PROBOLINGGO -  Alih-alih majunya perkembangan dunia digital dengan memanfaatkan sejumlah aplikasi Kepolisian terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan publik. Tidak  hanya itu Kepolisian juga melakukan tindakan langsung ketika ada indikasi pengguna aplikasi dunia maya melakukan pelanggaran hukum.

Langkah Kepolisian Republik Indonesia terus memantau perkembangan dunia maya.  Maraknya berita hoax dan ujaran kebencian yang memincu disintegrasi bangsa menjadi pekerjaan rumah polisi.

Bromo Command Center bagian dari unit cyber crime yang ada di Polres Probolnggo kini menjadi icon strategis dalam pelayan publik. Khususnya, pelaku tindak kejahatan dan pelaku ujaran kebencian melalui Medsos atau aplikasi lain yang memungkin digunakan secara melanggar hukum.
Baca juga :


" Bromo Cammand Center merupakan unit pelayanan multimedia untuk masyarakat yang membutuhkan dukungan polisi.  Ada anggota yang khusus memantau dan melayani keluhan publik di Kabupaten Probolinggo.  Anggota  bekerja di dunia maya menyusuri konten - konten negatif.  Tindakan preventif dan komunikatif diambil. Manakala tetap tidak diindahkan tim cybercrime bergerak melakukan tindakan hukum sesuai Undang-undang yang berlaku, "papar Kapolres Probolingho AKBP. Fadli Samad kepada Khabarrakyat.

Memanfaatkan ruang 6x3 meter  di lantai 2 Mapolres Probolinggo Tim Bromo Cammand Center dibawah satuan reskrim dan bag. Humas memberikan pelayanan on time 24 jam. Termasuk layanan call center 110.

" Reskrim akan mengambil reaksi cepat saat ada pelanggaran yang menggunakan aplikasi dunia maya. Layanan 110 akan meneruskan setiap pengaduan masuk ke satuan yang berwenang.  Sementara humas akan memberikan layanan edukasi kepada publik dan  membulish hasil kinerja internal kepolisian.  Semua terintegrasi dengan peranti lunak ynag dimiliki Bromo Cammand Center, " terang Fadly Samad.

Meski baru dibentuk tim cybercrime telah berhasil mengambil tindakan terhadap Tiga tersangka 2 kasus pornografi dan satu ujaran kebencian yang mengadung unsur provokatif. " Ada tiga kasus sejak januari hingga Maret 2018.  Dua diantaranya mengupload adegan bugil dan satu kasus ujaran provokatif," ungkap Fadly Samad seraya menunjukan bagaimana sistem pemantau dan pola kerja tim cybercrime Polres Probolinggo.

Tim Bromo Cammand Center juga memantau arus lalin dan  wilayah hukum polres Probolinggo secara online.

Reporter/Editor : Richard

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X