• Sabtu, 15 Mei 2021

Jalur Ke Bromo Ditutup Total Ada Apa?

- Rabu, 6 Maret 2019 | 19:59 WIB
Perayaan Nyepi Bromio di Tutup copy
Perayaan Nyepi Bromio di Tutup copy

-
Foto : Persiapan Penutupan jalur utama ke puncak Bromo oleh Muspika Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

KABARRAKYAT.ID - Mulai besok aktifitas warga di Gunung Bromo, Jawa Timur, bakal terhenti. Warga mayoritas suku Tengger merayakan hari raya Nyepi ditandai dengan Catur Brata. Untuk menghormati perayaan Nyepi jalur menuju Bromo ditutup total mulai Kamis pagi, (7/3/2019).

Perayaan Hari Nyepi selalu dilakukan dengan berbagai ritual umat Hindu. Namun panda puncaknya semua aktifitas umat Hindu Tengger berhenti total sebagaimana umat Hindu di Bali.

"Jalur akses ke Bromo sengaja ditutup oleh Muspika dan warga adat Tengger. Penutupan akses ke puncak Gunung Bromo untuk memberikan kesempatan kepada Umat Hindu merayakan hari raya Nyepi biar hikmat saat menjalan ibadahnya. Penutupan jalan ini sudah melalui proses musyawarah dengan pemangku adat Tengger, Muspika dan masyarakat", kata Camat Sukapura Yulius Cristian, Rabu (6/3/2019).

Jalur akses menuju Bromo bakal dibuka Jumat (8/3/2019),setelah prosesi Catur Brata dilakukan umat Hindu Tengger.

-
Foto: Perayaan Hari Raya Nyepi 2019 di Probolinggo

"Semua masyarakat membantu menjaga kondusifitas perayaan Nyepi dan menguatkan toleransi. Untuk sementara kegiatan parawisata berhenti," jelas Yulius Crintian.

 

Sementara itu sejak Rabu pagi umat Hindu Tengger telah menggelar ritual sebelum Catur Brata dilakukan.

Berbagai simbol butokala dengan berbagai ukuran diarak warga. Bahkan, simbol-simbol tokoh jahat dalam epik Mahabarata juga ditampilkan. Seperti Sengkuni, salah satu tokoh jahat dalam dunia pewayangan. Dimana Sengkuni adalah tokoh jahat yang suka menghasut untuk berbuat kejahatan atau ketidakbenaran dan dia adalah penyakit dari alam.

“Sejumlah simbul atau tokoh jahat kita bakar sebelum melakukan Catur brata", ungkap Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Editor: REDAKSI

Tags

Terkini

X