• Sabtu, 4 Desember 2021

‘Gaduh’ Perpindahan Pembayaran Pajak PT BSI, Sikap NasDem Banyuwangi: ‘Tidak Perlu Dibesarkan’

- Senin, 28 Juni 2021 | 21:23 WIB
Ketua DPD NasDem Banyuwangi, Supriyadi Karima Syaiful (foto. Istimewa/Kabar Rakyat)
Ketua DPD NasDem Banyuwangi, Supriyadi Karima Syaiful (foto. Istimewa/Kabar Rakyat)

 

KABAR RAKYAT, Banyuwangi – Beberapa hari terakhir, elit politik di Banyuwangi digegerkan dengan polemik status wajib pajak PT Bumi Suksesindo (BSI) dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banyuwangi ke KPP Madya Malang. Ada kekhawatiran perpindahan status WP PT BSI tersebut bakal berdampak terhadap bagi hasil pajak dari pemerintah pusat ke daerah sehingga mengurangi pendapatan asli daerah (PAD).

 

Pandangan berbeda disampaikan Ketua DPD NasDem Banyuwangi, Supriyadi Karima Syaiful. Menurutnya, perpindahan status WP PT BSI itu hanya sebatas perubahan administrasi dan tidak akan berimplikasi terhadap bagi hasil pajak dari pemerintah pusat ke daerah.

 

“Ini yang perlu diluruskan. Pajak PT BSI itu kan masuknya ke kas negara. Bukan kas daerah. Kemudian terkait bagi hasil pajak, pemerintah pusat sudah memiliki mekanisme dan aturan yang mengatur hal tersebut. Sehingga perpindahan pelaporan dari KPP Banyuwangi ke KPP madya Malang hanya administrasi perpajakan saja,” ujar Supriyadi, Senin 28 Juni 2021.

Baca Juga: Dinsos Hanya Tunjuk 6 Suplier Besar untuk BPNT

Oleh sebab itulah, Supriyadi meminta agar persoalan ini tidak perlu dibesar-besarkan. “Apakah itu dibayar melalui KPP Pratama Banyuwangi atau melalui KPP Madya Malang, masuknya tetap sama ke kas negara. Ini hanya untuk mempermudah pemerintah dalam pengawasan wajib pajak yang memiliki nilai besar,”ujarnya. 

 

Menurut Supriyadi, justru yang harus diplototi ialah terkait status kepemilikan saham Pemkab Banyuwangi di PT BSI. Sebab, selama ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu menahu terkait berapa besaran saham yang dimiliki pemerintah daerah di perusahaan tambang emas tersebut.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X